1,645). Ini berarti bahwa terdapat prestasi yang lebih tinggi dalam penerapan pembelajaran kooperatif pada pengajaran grammar bagi siswa-siswi SMP Muhammadiyah Kluwut Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2008/2009." />
Skripsi
Effektifitas Pembelajaran Kooperatif dalam Pengajaran Grammar pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Kluwut Tahun Ajaran 2008/2009
SETYAWATI, ELLY. 1604501088. 2009. Effektifitas Pembelajaran Kooperatif dalam Pengajaran Grammar pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Kluwut Tahun Ajaran 2008/2009. Program Strata I. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Effektivitas, Cooperative, pembelajaran, Grammar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang effektifitas penerapan pembelajaran kooperatif dalam pengajaran grammar pada siswa kelas VIII semester 2 tahun pelajaran 2008/2009 di SMP Muhammadiyah Kluwut Kab. Brebes.
Berdasarkan latar belakang dan kerangka berfikir, dirumuskan hipotesis sebagai berikut : "Siswa yang diajar menggunakan pembelajaran kooperative akan memperoleh prestasi bahasa Inggris yang lebih baik dari pada siswa diajar dengan menggunakan pembelajaran individu".
Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Kluwut Kabupaten Brebes dengan jumlah populasi 131 siswa. Penulis menggunakan pemilihan secara acak untuk memilih sample penelitian. Jumlah sample adalah 60 siswa. Sample terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setiap kelompok terdiri dari 30 siswa. Kelompok eksperimen terdiri dari siswa-siswa yang diajar menggunakan pembelajaran kooperative dan kelompok kontrol terdiri dari siswa-siswa yang diajar menggunakan pembelajaran individu.
Penulis menggunakan tes sebagai instrumen penelitian. Tes tersebut membutuhkan waktu 45 menit. Jenis tes yang diberikan adalah pilihan ganda dengan 4 pilihan yaitu A, B, C, dan D. Untuk mengetahui validitas dan realibilitas dari instrument, penulis telah menguji cobakan instrument kepada siswa yang memiliki kemampuan sama dengan sample.
Data penelitian ini diperoleh dari tes bahasa Inggris yang diberikan kepada sampel penelitian. Analisa data dari penelitian ini dihitung dengan rumus uji-t. Berdasarkan dari hasil data analysis t-hitung adalh 4,198, taraf signifikansi 5% dengan derajat kebebasan 58, t-tabel adalah 1,645.
Ini menunjukan bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel (4,198 > 1,645). Ini berarti bahwa terdapat prestasi yang lebih tinggi dalam penerapan pembelajaran kooperatif pada pengajaran grammar bagi siswa-siswi SMP Muhammadiyah Kluwut Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2008/2009.
PBI09037 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain