2,000 ), dengan demikian H1 diterima dan Ho ditolak. Dari penghitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan Metode Mind Mapping berperan efektif terhadap penguasaan vocabulary pada siswa kelas V SD Negeri dukuh Payung, Songgom, Kabupaten Brebes tahun ajaran 2008/2009" />
Skripsi
Efektifitas Penerapan Metode Mind Mapping Dalam Pengajaran Vocabulary ( Suatu Penelitian Eksperimental Pada Siswa Kelas V SDN Dukuh Payung, Songgom, Brebes Tahun 2008 / 2009)
Khusnul Khotimah :" Efektifitas Penerapan Metode Mind Mapping dalam Pengajaran Vocabulary Pada Siswa Kelas V SD Negeri Dukuh Payung, Songgom, Brebes ". Skripsi 2009. Program Strata I, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal "
Kata Kunci : Pengaruh Penggunaan Metode Mind Mapping, Penguasaan Vocabulary.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh positif pada penggunaan Metode Mind Mapping terhadap penguasaan vocabulary pada siswa kelas V SD Negeri Dukuh Payung , Songgom, Kabupaten Brebes.
Berdasarkan landasan teori dan kerangka berfikir, maka dapat dirumuskan hipotesis penelitian ini adalah Penggunaan Metode Mind Mapping memberikan pengaruh positif terhadap penguasaan vocabulary pada siswa kelas V SD Negeri Songgom,Kabupaten Brebes.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Dukuh Payung, Songgom, Kabupaten Brebes, tahun pelajaran 2008/2009. Sampel penelitian ini sebanyak 72 siswa yang terbagi dalam 2 ( dua) kelompok, kelompok pertama adalah kelompok eksperimen terdiri dari 30 siswa dan kelompok kedua adalah kelompok pengendali yang terdiri dari 30 siswa, pengambilan sample dilakukan secara acak ( random sampling )
Data Penelitian ini diperoleh dengan tes dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 30 items,, Analisis untuk penelitian ini dilakukan dengan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan t-hitung adalah 2,298 dan setelah dikonsultasikan ke t -table pada teraf signifikan 5 %, maka diperoleh t-tabel 2,000. Hasil penelitian menunjukkan t-hitung lebih besar dari t-tabel (2,298 > 2,000 ), dengan demikian H1 diterima dan Ho ditolak.
Dari penghitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan Metode Mind Mapping berperan efektif terhadap penguasaan vocabulary pada siswa kelas V SD Negeri dukuh Payung, Songgom, Kabupaten Brebes tahun ajaran 2008/2009
PBI09043 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain