t tabel (17,135 > 2,110) untuk taraf signifikansi 5%. Hal ini berarti menerima hipotesis kerja yang menyatakan terdapat peningkatan dalam penguasaan materi dan hasil belajar bahasa Indonesia dengan menggunakan metode pembelajaran mindscapes pada siswa ABC'D Home School Tegal. Sedangkan hipotesis nol ditolak." />
Skripsi
Strategi Homeschooling dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Anak 'Istimewa' dengan Metode Pembelajaran Mindscapes di ABC'D Home School
Kristiani, Retno. 2009. "Strategi Homeschooling dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Anak 'Istimewa' dengan Metode Pembelajaran Mindscapes di ABC'D Home School". Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang dibimbing oleh Pembimbing I: Drs. Burhan Eko Purwanto, M. Hum. Pembimbing II: Drs. Bowo Hermaji, M. Pd. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Homeschooling, anak 'istimewa', metode mindscapes.
Fenomena homeschooling yang semakin marak dan diminati masyarakat dalam pembelajaran bahasa Indonesia terutama bagi anak 'istimewa'. Pembelajaran yang dilakukan hendaknya dengan cara yang menyenangkan dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Untuk memenuhi aspek itu, diciptakanlah metode-metode pembelajaran diantaranya adalah dengan metode mindcapes.
Berangkat dari latarbelakang tersebut, muncul pokok masalah yang dikaji meliputi : 1) Bagaimana peningkatan dalam penguasaan materi pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan metode pembelajaran mindscapes pada siswa homeschooling, 2) Bagaimana prestasi belajar pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa homeschooling, 3) Bagaimanakah hasil hipotesis kerja dengan metode pembelajaran mindscapes khususnya dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa homeschooling.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan penguasaan materi bahasa Indonesia pada siswa homeschooling, mendeskripsikan pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa homeschooling, mengidentifikasikan pelaksanaan metode pembelajaran mindscapes khususnya dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa homeschooling.
Hipotesis dalam penelitian ini adalah terhadap peningkatan dalam penguasaan materi dan hasil belajar siswa dan pembelajaran bahasa Indonesia siswa ABC'D Home School Tegal.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa ABC'D Home School Tegal, yang berjumlah 18 siswa sehingga penelitian ini disebut penelitian studi populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pretes dan postes sebagai metode pokok untuk alat pengumpulan data. Teknik analisis data menggunakan uji t (t-tes) non independen.
Teknik analisis data menggunakan uji t (t-tes) non independen. Berdasarkan analisis data ditemukan t hitung diperoleh sebesar 17,135. Harga t tabel pada taraf signifikansi 5% dengan derajat kebesaran (db) 17 diperoleh sebesar 2,110. Dengan demikian jika dibandingkan antara t hitung dan t tabel t hitung > t tabel (17,135 > 2,110) untuk taraf signifikansi 5%. Hal ini berarti menerima hipotesis kerja yang menyatakan terdapat peningkatan dalam penguasaan materi dan hasil belajar bahasa Indonesia dengan menggunakan metode pembelajaran mindscapes pada siswa ABC'D Home School Tegal. Sedangkan hipotesis nol ditolak.
PBSID09043 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain