Skripsi
Analisis Sosial Novel Kartika WulandariKarya Slamet Nurzaeni AR dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Sastra di SMP
Masrur, Moh. Jauhari, Juli 2009. Judul Skripsi "Analisis Sosial Novel Kartika Wulandari Karya Slamet Nurzaeni AR dan Implikasinya dalam Pembelajaran Sastra di SLTP", Pembimbing I M. Sulaiman, SS, M.Hum, Pembimbing II Drs. Tri Mulyono, M.Pd.
Kata Kunci : Analisis Sosial, Kartika Wulandari.
Tujuan penelitian ini secara umum untuk mendeskripsikan kegiatan ekstrinsik karya sastra. Tujuan secara khusus untuk mengetahui analisis sosial pada novel Kartika Wulandari Karya Slamet Nurzaeni AR.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan tehnik dokumentasi yaitu pengumpulan data secara selektif dengan cara membaca novel Kartika WulandariKarya Slamet Nurzaeni AR.
Peneliti menyimpulkan bahwa novel Kartika Wulandari Karya Slamet Nurzaeni AR menceritakan tentang kehidupan seorang gadis yang dipaksa menikah sedangkan si gadis hanya ingin meraih cita-citanya terlebih dahulu, novel ini banyak menceritakan keadaan sosial para tokoh diantaranya :
1. Perilaku sosial yaitu aspek budaya, aspek sosial, aspek agama dan aspek ekonomi.
2. Interaksi sosial yaitu kerjasama, persaingan atau pertentangan.
Penulis tidak mengulas semua tokoh dalam novel Kartika Wulandari, hanya mengulas tokoh-tokoh yang sangat berperan dalam mendukung cerita novel tersebut. Tokoh utama dalam novel Kartika Wulandari karya Slamet Nurzaeni AR adalah Ayah, Ibu dan Wulandari. Fungsi tokoh utama adalah sebagai pembawa ide besar atau tokoh yang disampaikan oleh pengarang.
Tokoh bawahan dalam novel Kartika Wulandari ini berfungsi sebagai pendukung dan pembawa ide-ide kecil tetapi sangat mendukung keberadaan tokoh utama dalam membawakan ide-ide besar dalam cerita tersebut. Dilihat dari kajian sosial di atas maka dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran sastra di SLTP.
Berdasarkan hasil analisis ini penulis mengimplikasikannya terhadap pengajaran bahasa dan sastra, khususnya kriteria bahan pengajaran dan model pengajaran sastra. Dalam menumbuhkan kemampuan siswa, kita dapat memilih sedangkan lancar, siswa dapat menerima materi yang telah diberikan oleh pengajar. Sedangkan untuk memilih model pengajaran kita dapat memilih teknik pengajaran yang efektif dan efisien yaitu menggunakan teknik pembinaan, diantaranya dengan menggunakan metode kreatifitas yaitu metode yang mengarahkan siswa lebih menghayati sastra dengan melakukan penjelajahan penafsiran. Selain itu ada juga menggunakan metode sastra yaitu metode atau teknik yang dikembangkan dengan tulisan secara bertahap sesuai kemampuan siswa.
Pada novel Kartika Wulandari karya Slamet Nurzaeni AR membahas tentang kehidupan sosial antara lain :
1. Perilaku sosial tokoh
2. Aspek kebudayaan, aspek sosial, aspek agama, aspek ekonomi
3. Interaksi sosial : kerjasama, persaingan.
Isi cerita novel Kartika Wulandari karya Slamet Nurzaeni AR ceritanya disusun oleh pengarang secara kronologis karena suatu pengalaman yang terjadi pada tokoh utama diceritakan secara berurutan dari mulai kejadian awal sampai akhir kejadian dengan didukung oleh tokoh-tokoh bawahan.
Tokoh utama pada novel Kartika Wulandari karya Slamet Nurzaeni AR yaitu Ibu, Bapak, Kartika Wulandariyang berfungsi sebagai pembawa ide besar atau pokok yang disampaikan pengarang kepada pembaca. Tokoh utama Ibu, Bapak, Kartika Wulandari didukung oleh tokoh bawahan yaitu : Hardiman, Subardi, Pak Hamid, Bu Hamid, Pambudi, Bu Pratiwi dan Surti.
Fungsi tokoh bawahan dalam novel Kartika Wulandari karya Slamet Nurzaeni AR adalah pembawa ide-ide kecil dari pengarang, meskipun tidak begitu tampak peranannya tetapi sangat mendukung keberadaan tokoh utama dalam membawakan ide besar dalam cerita.
Novel Kartika Wulandari karya Slamet Nurzaeni AR banyak mengandung nilai sosial yang dapat menjadi pelajaran bagi pembaca sehingga novel tersebut sangat baik untuk dijadikan sebagai bahan pengajaran di SMP.
Pengajaran sastra di SMP memerlukan persiapan yang matang, maka diperlukan kritik yang tepat, baik dan menarik yang dapat menimbulkan pemahaman sehingga pembaca dapat merasakan nilai-nilai yang terkandung dalam novel tersebut
PBSID09045 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain