2,000) ini berarti hipotesis nol ditolak dan hipotesis penelitian di terima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa siswa yang pemahaman afiksnya tinggi mempunyai tingkat kemampuan menerjemahkan teks bahasa Inggris lebih baik daripada siswa yang mempunyai pemahaman afiksnya rendah." />
Skripsi
Kontribusi Pemahaman Imbuhan Kata (Afiks) terhadap Kemampuan Menerjemahkan Teks Bahasa Inggris di SMP Negeri 3 Brebes Kelas VIII Tahun Pelajaran 2008/2009". Skripsi. 2009
KONAAH. "Kontribusi Pemahaman Imbuhan Kata (Afiks) terhadap Kemampuan Menerjemahkan Teks Bahasa Inggris di SMP Negeri 3 Brebes Kelas VIII Tahun Pelajaran 2008/2009". Skripsi. 2009. Program Strata 1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Imbuhan kata (Afiks) dan menerjemahkan teks bahasa Inggris.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana kontribusi pemahaman imbuhan kata (afiks) terhadap kemampuan menerjemahkan bahasa Inggris siswa kelas VII SMP Negeri 03 Brebes tahun pelajaran 2008/2009.
Berdasarkan landasan teori dan kerangka berfikir, maka hipotesis pada penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut : "Siswa yang mempunyai pemahaman afiks yang lebih tinggi diduga mempunyai kemampuan menerjemahkan lebih baik dari siswa yang kurang penguasaan afiksnya rendah pada siswa kelas VII SMP Negeri 03 tahun pelajaran 2008/2009".
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 03 Brebes tahun pelajaran 2008/2009, yang berjumlah 361 siswa. Dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Sampel dalam penelitian ini 60 siswa dan dibagi 2 kelompok, kelompok I terdiri dari 30 siswa dan kelompok II terdiri dari 30 siswa.
Data dianalisis dengan menggunakan Uji-t untuk mengetes perbedaan pada taraf signifikan 5% diperoleh informasi bahwa ada perbedaan kemampuan menerjemahkan antara siswa yang penguasaan afiksnya tinggi dengan siswa yang penguasaan afiksnya rendah. Dengan derajat kebebasan (dk) 58, t-table (2,000) karena t-hitung lebih besar dari t-tabel (4,050 > 2,000) ini berarti hipotesis nol ditolak dan hipotesis penelitian di terima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa siswa yang pemahaman afiksnya tinggi mempunyai tingkat kemampuan menerjemahkan teks bahasa Inggris lebih baik daripada siswa yang mempunyai pemahaman afiksnya rendah.
PBI09046 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain