Skripsi
Peningkatan Kreativitas Siswa dalam Proses Belajar Bahasa Inggris dengan Pendekatan PAKEM ( Pembelajaran, Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan ) dengan Alat Peraga ( Suatu Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SD Negeri Karangsembung 03 Kecamatan Song
IMAM EKO SATRIO : Peningkatan Kreativitas Siswa Dalam Proses Belajar Bahasa Inggris melalui Pendekatan PAKEM ( Pembelajaran Aktif, Kreatis, Efektif dan Menyenangkan ) dengan Alat Peraga. ( Suatu Penelitian Tindakan Kelas di kelas IV SD Negeri Karangsembung 03 Tahun pelajaran 2008 / 2009 ). Skripsi program Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Peningkatan, kreativitas siswa, penerapan PAKEM
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam proses belajar Bahasa Inggris di kelas IV SD negeri Karangsembung 03 tahun pelajaran 2008 / 2009 semester II.
Berdasarkan teori- teori belajar dan teori tentang pengajaran, maka Hipotesis penelitian ini adalah : pendekatan melalui PAKEM dengan alat peraga berpengaruh pada kekreatifitasan pada siswa yang berpengaruh juga pada prestasi belajar Bahasa Inggris siswa SD kelas IV.
Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Karangsembung 03 yang berjumlah 40 siswa, karena penelitian ini adalah Peneltian Tindakan Kelas jadi sample yang yang diambil 40 siswa dari kelas IV SD Negeri Karangsembung 03.
Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan angket instrument dan soal Uji yang diberikan setiap akhir Siklus. Pada siklus I terdapat peningkatan pada hasil belajar yaitu nilai rata - rata meningkat 18,18 %. Siklus II meningkat 7,69 %. Dan Siklus III meningkat 21,42 %
Data analisa data yang digunakan adalah setiap perubahan dalam proses belajar mengajar setiap akhir siklus .
Berdasarkan data ini dapat disimpulkan bahwa, penerapan PAKEM memberikan pengaruh positif dalam pengajaran Bahsa Inggris untuk siswa kelas IV SD N Karangsembung 03
PBI09049 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain