Skripsi
Penelitian Tindakan Kelas Tentang Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Siswa SD Kelas V dengan Penerapan Alat Peraga Gambar (Suatu Penelitian Eksperimental di Sekolah Dasar Negeri Jatimulya 01 Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2008/ 2009)"
APRIELLA SABATINI. 1605501243. "Penelitian Tindakan Kelas Tentang Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Siswa SD Kelas V dengan Penerapan Alat Peraga Gambar (Suatu Penelitian Eksperimental di Sekolah Dasar Negeri Jatimulya 01 Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2008/ 2009)" . (2009) Skripsi. Program Strata 1 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Penelitian, Tindakan Kelas, Upaya, meningkatkan, Prestasi Belajar, media gambar.
Penelitian tindakan kelas adalah salah satu kebutuhan bagi seorang guru bahasa Inggris untuk mengatasi masalah dalam proses belajar mengajar. Penelitian tindakan kelas juga memberikan beberapa manfaat diantaranya untuk meningkatkan profesionalitas guru dalam proses pengajaran, untuk mengembangkan kurikulum sekolah, untuk meningkatkan inovasi pengajaran, dan lain-lain.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan prestasi belajar bahasa Inggris dengan dilaksanakannya Penelitian Tindakan Kelas pada proses pengajaran. Dan untuk mengetahui upaya-upaya apa saja yang ditempuh untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa Inggris siswa kelas V SD Negeri Jatimulya 01.
Berdasarkan landasan dan kerangka berfikir dapat dirumuskan hipotesis bahwa "Diduga dengan diterapkannya alat peraga gambar dalam pembelajaran bahasa Inggris ada peningkatan prestasi belajar bahasa Inggris".
Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Jatimulya 01 Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2008/ 2009 yang berjumlah 30 siswa. Dengan demikian semua populasi digunakan sebagai sampel.
Metode analisis data pada penelitian ini adalah kumpulan dari masing-masing lembar observasi pada setiap siklus dengan menggunakan teknik presentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan adanya perbedaan nilai rata-rata kelas pada setiap siklus. Nilai rata-rata sebelum siklus adalah 44, dan rata-rata kelas pada siklus 1 meningkat menjadi 76, sedangkan rata-rata kelas pada siklus 2 juga terus meningkat menjadi 82,3.
Dari penjelasan tersebut diatas maka dapat ditarik simpulan dari penelitian ini adalah adanya peningkatan prestasi belajar bahasa Inggris siswa pada saat proses belajar mengajar dengan diterapkannya media gambar dan siswa-siswa menjadi lebih tertarik dan aktif pada saat proses belajar mengajar menggunakan media gambar.
PBI09052 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain