1,645), hal ini membuktikan bahwa hipotesis yang menyatakan "Terdapat Pengaruh Positif dari Penerapan Tehnik Retelling terhadap Kemampuan Membaca Bahasa Inggris terhadap siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pangkah" dapat diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh positif dari penerapan tehnik retelling terhadap kemampuan membaca teks berbahasa Inggris siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pangkah "diterima"." />
Skripsi
Efektifitas Penerapan Story Retelling Terhadap Kemampuan Membaca Bahasa Inggris Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Pangkah". Skripsi (2009) Terhadap Kemampuan Membaca Bahasa Inggris Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Pangkah". Skripsi (2009)
Membaca Bahasa Inggris Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Pangkah". Skripsi (2009) Program Strata I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Teknik Retelling, Kemampuan Membaca Bahasa Inggris
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan tehnik retelling berpengaruh positif terhadap kemampuan membaca bahasa Inggris siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pangkah.
Hipotesis dari penelitian ini terdapat pengaruh positif dari penerapan teknik retelling terhadap kemampuan membaca teks berbahasa Inggris kelas VIII SMP Negeri 2 Pangkah.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas VIII SMP Negeri 2 Pangkah tahun pelajaran 2008/2009. populasi yang ada berjumlah 280 siswa. Adapun pengambilan sampel dengan menggunakan metode random sampling dengan diambil sebanyak 60 siswa. Sampel dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Masing-masing kelompok berjumlah 30 siswa. Kelompok control diajar dengan tehnik retelling sedangkan kelompok eksperimen diajar dengan menggunakan tehnik skimming pada pengajaran keterampilan membaca.
Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan tehnik ts tertulis membaca bahasa Inggris. Tes tertulis ini berbentuk pilihan ganda dengan 4 opsi jawaban.
Analisis data yang digunakan dalam uji-t dengan taraf signifikan 5%. Dari hasil penelitian diperoleh thitung sebesar 2,472 dan dikonsultasikan ttabel sebesar 1,645. maka thitung lebih besar dari ttabel (2,472 > 1,645), hal ini membuktikan bahwa hipotesis yang menyatakan "Terdapat Pengaruh Positif dari Penerapan Tehnik Retelling terhadap Kemampuan Membaca Bahasa Inggris terhadap siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pangkah" dapat diterima.
Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh positif dari penerapan tehnik retelling terhadap kemampuan membaca teks berbahasa Inggris siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pangkah "diterima".
PBI09053 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain