Skripsi
Pengaruh Penggunaan Bahasa di Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Dukuhwaru Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009
Purwanto, Edi. 2009. Pengaruh Penggunaan Bahasa di Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Dukuhwaru Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi : Prodi. Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Bahasa di Lingkungan Keluarga, Prestasi Belajar Bahasa Indonesia.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahasa di lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dukuhwaru Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009.
Penelitian ini merupakan penelitian eksplanasi (bersifat menerangkan) dengan menggunakan rancangan penelitian korelasional (correlational research). Populasi dalam penelitian ini, yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dukuhwaru Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009 sejumlah 210 siswa, sebagai sampelnya ditetapkan siswa yang menggunakan bahasa Indonesia sejumlah 93 siswa dan siswa yang menggunakan bahasa Daerah sejumlah 73 siswa, dengan menggunakan teknik simple random sampling (teknik sampling acak sederhana) melalui undian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket dan dokumentasi (pencatatan). Data dianalisis menggunakan teknik analisis Korelasi Pearson Product Moment, regresi linier sederhana, dan determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa yang menggunakan bahasa Indonesia dalam lingkungan keluarga memiliki prestasi belajar Bahasa Indonesia (mean prestasi belajar = 81,24) lebih tinggi daripada siswa yang dalam kehidupan sehari-harinya menggunakan bahasa Daerah (mean prestasi belajar = 74,04). Tingkat keeratan hubungan antara penggunaan bahasa Indonesia di lingkungan keluarga dengan prestasi belajar bahasa Indonesia yakni sebesar 0,501, diinterpretasikan sedang/cukup kuat dan bertanda positif. Hasil uji signifikansi nilai ? diperoleh zhitung = 7,418 > ztabel = 2,576 yang berarti ada pengaruh yang signifikan penggunaan bahasa Indonesia di lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia. Melalui analisis determinasi dapat diketahui bahwa 25,10 % variasi prestasi belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dukuhwaru Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009 dapat dijelaskan oleh variasi variabel penggunaan bahasa Indonesia di lingkungan keluarga, sedangkan sisanya sebesar 74,90 % dijelaskan oleh variasi variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model.
Atas dasar temuan tersebut, maka Guru Bahasa Indonesia hendaknya menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar ketika berkomunikasi dengan siswa baik itu dalam pembelajaran maupun dalam pergaulan sehari-hari. Hal ini akan membentuk kebiasaan yang baik bagi siswa untuk menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar. Bagi siswa, cintailah dan lestarikan bahasa Indonesia dengan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari baik dalam lingkungan keluarga maupun dalam pergaulan di lingkungan masyarakat.
PBSID09048 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain