Skripsi
Pilihan Bahasa pada Peristiwa Tutur dalam Iklan Televisi dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP
ERNAWATI, SITI. 2009. "Pilihan Bahasa pada Peristiwa Tutur dalam Iklan Televisi dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP". Skripsi. Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Sutji Muljani, S.S., M.Hum., Pembimbing II : Drs. Bowo Hermaji, M.Pd.
Kata Kunci: Pilihan Bahasa, Peristiwa Tutur, Iklan Televisi, dan Implikasi
Iklan televisi dapat dikaji dari sudut pandang studi bahasa karena pada dasarnya iklan televisi menggunakan bahasa sebagai sarana penyampaian pesan kepada konsumen. Artinya, terdapat penggunaan bahasa dalam sebuah paket iklan televisi . Penggunaan tuturan dalam iklan televisi dapat dikaji dalam penelitian studi kebahasaan. Studi kebahasaan yang dimaksud yaitu sosiolinguistik.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu : bagaimanakah wujud pilihan bahasa pada peristiwa tutur dalam iklan televisi?, faktor apa sajakah yang menentukan terjadinya pilihan bahasa pada peristiwa tutur dalam iklan televisi?, bagaimanakah implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMP?. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan wujud pilihan bahasa pada peristiwa tutur dalam iklan televisi, mendeskripsikan faktor-faktor apa yang menentukan terjadinya pilihan bahasa pada peristiwa tutur dalam iklan televisi, dan mendeskripsikan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMP.
Pendekatan ini berupa pendekatan kualitatif deskriptif. Data penelitian ini berupa tuturan bintang iklan televisi yang telah dipilih secara acak dan ditranskrip dalam bentuk teks. Sumber data penelitian ini adalah iklan televisi yang ditayangkan di stasiun Televisi Swasta Nasional di Indonesia dalam kurun waktu 2008-2009. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui metode simak dengan teknik sadap sebagai teknik dasar dan teknik lanjutan berupa teknik rekam dan teknik catat. Uji validitas data berupa theoretical triangulation. Teknik analisis data dilakukan melalui metode padan sebagai teknik dasar dan teknik hubung banding sebagai teknik lanjutan. Hasil analisis data menggunakan metode formal dan informal.
Hasil penelitian ini yaitu wujud pilihan bahasa dalam iklan televisi teridiri atas tunggal bahasa, alih kode, dan campur kode. Tunggal bahasa berupa bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, serta terdapat adanya ragam yaitu ragam usaha atau konsultatif, dan ragam santai atau kasual. Alih kode berupa kalimat. campur kode berupa kata dan frasa. Pilihan bahasa pada peristiwa tutur dalam iklan televisi dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu situasi tutur, penutur, tujuan tindak tutur, produk yang diiklankan dan bintang iklan. Hasil penelitian ini memiliki implikasi yang positif terhadap pembelajaran bahasa Indonesia.
PBSID09053 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain