Skripsi
Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Melalui Metode/Pola Gestalt pada Siswa TK Aisiyah Bustanul Athfal Kluwut Tahun Pelajaran 2008/2009 (Penelitian Eksperimen pada Siswa TK Kelompok A Bustanul Athfal Kluwut Tahun Pelajaran 2008/2009)
Nurjanah. Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Melalui Metode/Pola Gestalt pada Siswa TK Aisiyah Bustanul Athfal Kluwut Tahun Pelajaran 2008/2009 (Penelitian Eksperimen pada Siswa TK Kelompok A Bustanul Athfal Kluwut Tahun Pelajaran 2008/2009). Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. 2009.
Kata Kunci: Pola Gestalt, Keterampilan Menulis.
Penelitian ini mengkaji permasalahan mengenai bagaimanakah upaya peningkatan keterampilan menulis melalui metode/pola Gestalt pada siswa Taman Kanak-Kanak?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya pelaksanaan bimbingan dan konseling dengan metode/pola Gestalt untuk meningkatkan keterampilan menulis pada siswa Kelompok A TK Aisiyah Bustanul Athfal Kluwut serta untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis antara sebelum dan sesudah menggunakan metode/pola Gestalt pada siswa Kelompok A TK Aisiyah Bustanul Athfal Kluwut Tahun Pelajaran 2008/2009.
Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian eksperimen atau lebih tepatnya disebut pre-experimental designs (nondesigns) pada populasi siswa Kelompok A TK Aisiyah Bustanul Athfal Kluwut Tahun Pelajaran 2008/2009 sejumlah 17 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes sebagai teknik utama serta kuesioner sebagai teknik pendukung. Data dianalisis menggunakan t-test.
Melalui penelitian ini maka dapat diketahui bahwa secara umum orangtua/wali siswa Kelompok A TK Aisiyah Bustanul Athfal Kluwut Tahun Pelajaran 2008/2009 mempersepsikan proses pelaksanaan bimbingan dan konseling dengan metode/pola Gestalt yang diselenggarakan dalam rangka upaya meningkatkan keterampilan menulis siswa dalam kategori baik dengan total skor sebesar 842 (atau 70,76% dari skor maksimal).
Hasil evaluasi menunjukkan keterampilan menulis siswa Kelompok A TK Aisiyah Bustanul Athfal Kluwut sebelum penerapan metode/pola Gestalt diperoleh
BK10018 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain