Skripsi
PENGARUH BIAYA PERSONAL SELLING DAN .BIAYA IKLAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN .PADA INDOSARANA MOTOR .TEGAL
AGENG SIDIK WIBOWO NPM 4106502465 PROGRAM STUDI MANAJEMEN PERUSAHAAN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL, PENGARUH BIAYA PERSONAL SELLING DAN BIAYA IKLAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA INDOSARANA MOTOR TEGAL, DRA. SRI MURDIATI, MS.I SELAKU PEMBIMBING 1, SUMARNO, S.E. , MSI. SELAKU PEMBIMBING II
Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh biaya Personal Selling terhadap volume penjualan pada Indosarana Motor Tegal, Untuk mengetahui pengaruh biaya iklan terhadap volume penjualan pada Indosarana Motor Tegal, Untuk mengetahui pengaruh biaya Personal Selling berpengaruh lebih dominan terhadap volume penjualan pada Indosarana Motor Tegal
Hipotesis dalam penelitian ini adalah Di duga ada pengaruh biaya personal selling terhadap volume penjualan pada Indosarana Motor Tegal, Di duga ada pengaruh biaya iklan terhadap volume penjualan pada Indosarana Motor Tegal, Di duga ada pengaruh biaya personal selling berpengaruh lebih dominan terhadap volume penjualan pada Indosarana Motor Tegal
Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode analisis Regresi Linier berganda dengan Uji F dan Uji T dan analisis Korelasi Product Moment, dan analisis koefisien determinasi.
Dengan metode regresi linier berganda diperoleh hasil
Y = - 2754,80 + 4,01 X1 - 2,30 X2
Dengan menggunakan program SPSS uji F, yang di dasarkan atas pendekan analisis varian diperoleh data F hitung sebesar 87,710 dan tanda signifikan pada 0,011 lebih kecil dari pada taraf signifikan 0,05, dengan demikian secara bersama-sama biaya personal selling dan biaya iklan secara serentak signifikan mempengaruhi volume penjualan.
Pada level of significant 0,05 (pengujian dua sisi) dan derajat kebebasan 2 maka dengan bantuan komputer program SPSS diperoleh data t hitung sebesar 4,110 dan t tabel sebesar 3,182, jadi karena thitung > t tabel maka berarti Ho di tolak dan Ha di terima. t hitung pada biaya iklan sebesar -1,858 t tabel sebesar 3,182, jadi karena thitung < t tabel maka berarti Ho di terima dan Hi di tolak
Bahwa antara biaya personal selling dan biaya iklan terdapat hubungan korelasi yang tinggi yaitu sebesar 0,994 yang mempunyai arti bahwa antara personal seling dan biaya iklan dengan volume penjualan mempunyai hubungan yang kuat positif.
Angka koefisien determinasi yang di jelaskan dalam program SPSS sebagai R Square yang besarnya 0, 989 atau 98,90 % hal ini menjelaskan bahwa determinasi atau sumbangan variabel biaya personal selling dan biaya iklan terhadap Volume penjualan adalah sebesar 98,90 %.
Dari hasil di atas, terlihat bahwa biaya promosi seperti biaya personal selling dan biaya iklan sangat berpengaruh dalam meningkatkan volume penjualan sehingga perusahaan harus terus meningkatkan biaya promosi, terutama biaya personal selling karena yang ternyata yang paling berpengaruh terhadap volume penjualan adalah biaya personal selling
MP10004 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain