r tabel atau 0,833 > 0,244. Karena rhitung > r tabel , maka menerima hipotesis kerja (Ha) yang mengemukakan "ada hubungan yang signifikan antara pembelajaran Kooperatif dengan peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran PKn di SD Negeri Kubangputat 02 Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2008-2009". Hasil r hitung (korelasi rxy) tersebut bila dikaitkan dengan tabel interpretasi nilai r, maka 0.883 terletak pada interval koefisien 0,800 - 1,00 dengan tingkat hubungan adalah Sangat Kuat. Dengan demikian dapat dikemukakan bahwa hubungan antara pelaksanaan Pembelajaran Kooperatif (variable X) dengan upaya peningkatan Prestasi Belajar (variabel Y) khususnya pada mata pelajaran PKn siswa SD Negeri Kubangputat 02 Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2008-2009 ternyata memiliki hubungan yang sangat kuat." />