r tabel atau 0,833 > 0,244. Karena rhitung > r tabel , maka menerima hipotesis kerja (Ha) yang mengemukakan "ada hubungan yang signifikan antara pembelajaran Kooperatif dengan peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran PKn di SD Negeri Kubangputat 02 Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2008-2009". Hasil r hitung (korelasi rxy) tersebut bila dikaitkan dengan tabel interpretasi nilai r, maka 0.883 terletak pada interval koefisien 0,800 - 1,00 dengan tingkat hubungan adalah Sangat Kuat. Dengan demikian dapat dikemukakan bahwa hubungan antara pelaksanaan Pembelajaran Kooperatif (variable X) dengan upaya peningkatan Prestasi Belajar (variabel Y) khususnya pada mata pelajaran PKn siswa SD Negeri Kubangputat 02 Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2008-2009 ternyata memiliki hubungan yang sangat kuat." />
Skripsi
Pelaksanaan Pembelajaran Kooperatif Sebagai Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran PKn Di SD Negeri Kubangputat 02 Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2008-2009"
ROIDAH.TIN/1207500670 "Pelaksanaan Pembelajaran Kooperatif Sebagai Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran PKn Di SD Negeri Kubangputat 02 Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2008-2009" Skripsi. Program Studi PPKN Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Pembelajaran Kooperatif dan Prestasi Belajar
Pembelajaran kooperatif (Cooperative Learning) adalah pendekatan pembelajaran yang berfokus pada penggunaan kelompok kecil siswa untuk bekerjasama dalam memaksimalkan kondisi belajar untuk mencapai tujuan belajar. Prestasi Belajar adalah bukti keberhasilan yang dapat dicapai dalam suatu proses yang berlangsung dalam interaksi subyek dengan lingkungannya yang menghasilkan perubahan pengetahuan, pemahaman, keterampilan, nilai-nilai yang akan disimpan atau dilaksanakan menuju kemajuan.
Rumusan masalah penelitian adalah 'Apakah ada hubungan antara pembelajaran Kooperatif dengan peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran PKn di SD Negeri Kubangputat 02 Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2008-2009?. Tujuan penelitian untuk mengetahui Apakah ada hubungan antara pembelajaran Kooperatif dengan peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran PKn di SD Negeri Kubangputat 02 Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2008-2009?. Hipotesis penelitian diduga ada hubungan antara pembelajaran Kooperatif dengan peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran PKn di SD Negeri Kubangputat 02 Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2008-2009?.
Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 182 adapun sampel yang diambil 65 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan quesioner analisis data menggunakan pearson product moment (PPM).
Hasil rhitung (korelasi rxy) sebesar 0.833 ternyata lebih besar dari rtabel dengan jumlah sampel : N= 65 taraf signifikansi 5% diperoleh r tabel = 0,244 sehingga rhitung > r tabel atau 0,833 > 0,244. Karena rhitung > r tabel , maka menerima hipotesis kerja (Ha) yang mengemukakan "ada hubungan yang signifikan antara pembelajaran Kooperatif dengan peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran PKn di SD Negeri Kubangputat 02 Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2008-2009". Hasil r hitung (korelasi rxy) tersebut bila dikaitkan dengan tabel interpretasi nilai r, maka 0.883 terletak pada interval koefisien 0,800 - 1,00 dengan tingkat hubungan adalah Sangat Kuat. Dengan demikian dapat dikemukakan bahwa hubungan antara pelaksanaan Pembelajaran Kooperatif (variable X) dengan upaya peningkatan Prestasi Belajar (variabel Y) khususnya pada mata pelajaran PKn siswa SD Negeri Kubangputat 02 Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2008-2009 ternyata memiliki hubungan yang sangat kuat.
PKN10006 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain