Skripsi
Upaya Penanganan Perilaku Hiperaktif (Studi Kasus Pada Anak Didik TK Pertiwi Kaligangsa Wetan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010)
KRISNA ANGGRAENI, 2010. Upaya Penanganan Perilaku Hiperaktif (Studi Kasus Pada Anak Didik TK Pertiwi Kaligangsa Wetan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010).
Kata Kunci : Perilaku Hiperaktif.
Seorang anak adalah buah hati orangtuanya. Akan tetapi apabila sang buah hati mengalami ketidak seimbangan elektromiawi, tekanan emosional atau keletihan, tidak mampu menghentikan aktivitas yang berlebihan yang berakibat pada perilaku hiperaktif maka banyak masalah yang membuat para orangtua menjadi frustasi. Seorang anak hiperaktif, seringkali tidak bisa diam. Ia selalu berlari, melompat, berbicara sendiri tanpa mendengarkan orangtua/guru berbicara, seringkali mengganggu temannya dan dalam melaksanakan kegiatan lama
Permasalahan penelitian ini adalah : 1). Bagaimana gambaran perilaku hiperaktif pada Anak didik TK Pertiwi Kaligangsa Wetan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010, 2). Bagaimana upaya guru menangani perilaku hiperaktif pada anak didik TK Pertiwi Kaligangsa Wetan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010. Adapun tujuan yang akan dicapai yaitu : 1). Memberikan gambaran yang jelas tentang perilaku hiperaktif pada anak didik TK Pertiwi Kaligangsa Wetan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010, 2). Mengetahui upaya guru dalam menangani perilaku hiperaktif pada anak didik TK Pertiwi Kaligangsa Wetan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010.
Populasi dalam subyek ini adalah anak didik TK Pertiwi Kaligangsa Wetan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010 sejumlah 3 anak dan sekaligus dijadikan sebagai sampel penelitian. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan metode analisa yang digunakan adalah metode analisis deskriptif eksploratif dimana penelitian ini menggambarkan keadaan atau status fenomena. Dalam hal ini fenomena yang diteliti adalah Gangguan Perilaku Hiperaktif pada Anak TK Pertiwi Kaligangsa Wetan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010.
Berdasarkan hasil analisis data yang disajikan, dapat disimpulkan tentang : 1). Gambaran perilaku hiperaktif yang terjadi pada anak, 2). Upaya penanganan gangguan perilaku pada anak. Adapun saran yang diajukan yaitu : 1). Hendaknya mengerti dan memahami tentang perilaku hiperaktif dan 2). Mengupayakan memberikan penanganan yang tepat untuk anak dengan ganggguan perilaku hiperaktif.
BK10013 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain