2,712) Jadi dapat disimpulkan bahwa " Penerapan Media Flashcard Pada Kelas V SD. N. Muarareja 01 dan 02 Tegal tahun ajaran 2008/2009 lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran hanya dengan menggunakan gambar pada Iks"." />
Skripsi
Pengaruh Penggunaan Flashcard Terhadap Penguasaan Vocabularry Pada Siswa Sekolah Dasar KelasV di SD Negeri Muarareja 01 dan 02 Tahun Pelajaran 2008/2009
JANU ARSETO, 2009: Pengaruh Penggunaan Flash Card Terhadap Penguasaan Vocabulary Pada Siswa Sekolah Dasar Kelas 5 : Suatu Penelitian Eksperimental di Sekolah Dasar Negeri Muarareja 01 dan 02 Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi.Program Strata l.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci: Pengaruh, Penggunaan Flash Card, Penguasaan Vocabulary
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh Penggunaan flash Card Terhadap penguasaan Vocabulary Pada Siswa Sekolah Dasar kelas 5 semester II di SD Negeri Muarareja 01 dan 02 Kota Tegal tahun pelajaran 2008/2009
Adapun populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD. N. Muareja 01 dan 02 Tegal tahun ajaran 2008/2009 yang berjumlah 101 siswa. Berdasarkan landasan teori dan kerangka berfikir, hipotesis penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: " Ada pengaruh positif dari penerapan media Flash Card terhadap Penguasaan Vocabulary siswa kelas 5, semester II di SD Negeri Muarareja 01 dan 02 Tahun Pelajaran 2008/2009".
Populasi dalam penelitian adalah siswa SD Muarareja 01 dan 02 Tegal tahun pelajaran 2008/2009 sejumlah 101 siswa. Sampel penelitian diambil dengan cara random sampling yang berjumlah 40 siswa sebagai sampel. Mereka dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok pertama adalah siswa yang diajar dengan menggunakan gambar pada flash card. Kelompok ini terdiri dari 20 siswa. .Kelompok kedua adalah siswa yang diajar hanya dengan menggunakan gambar ilustrasi pada LKS .kelompok tersebut adalah kelompok kontrol terdiri dari 20 siswa.
Penulis menggunakan test tertulis berisi tes vocabulary sebagai instrument penelitian. Bentuk test adalah pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban dengan jumlah soal 20. Alokasi waktu untuk mengerjakan test tersebut adalah 30 menit. Untuk mengetahui reliabilitas dan validitas penulis menguji instrument test tersebut dengan memberikan test kepada 20 siswa yang mempunyai kemampuan yang sama dengan sampel.
Hasil dari analisis menunjukkan bahwa dengan taraf signifikasi lima persen (5 %) dan derajat kebebasan 38, diperoleh hasil t-test 3,362 dan t-tabel 2,712 jadi hasil t-test lebih besar dari t-tabel (3,362>2,712) Jadi dapat disimpulkan bahwa " Penerapan Media Flashcard Pada Kelas V SD. N. Muarareja 01 dan 02 Tegal tahun ajaran 2008/2009 lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran hanya dengan menggunakan gambar pada Iks".
FBI10010 | Tersedia | ||
PBI10001 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain