Skripsi
STUDI DESKRIPTIF TENTANG PERSEPSI, SIKAP, DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMK BHAKTI PRAJA MARGASARI KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2009/2010 PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI
NEFA YULIA IRAWATI. 1307500421. 2010. Studi Deskriptif Tentang Persepsi, Sikap, dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMK Bhakti Praja Margasari Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010 Pada Mata Pelajaran Ips Ekonomi. Skripsi Pendidikan Ekonomi. Drs. Budiyono, Dra. Hj. Faridah, M.Si. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Persepsi, sikap, dan prestasi belajar siswa.
Persepsi, sikap, dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi sangat bermanfaat bagi siswa karena siswa dapat memiliki kemampuan, pemahaman, dan minat terhadap mata pelajaran IPS Ekonomi, sehingga akan menghasilkan prestasi belajar yang memuaskan.
Perumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana dan sejauh mana persepsi, sikap, dan prestasi belajar siswa kelas XI SMK Bhakti Praja Margasari kabupaten Tegal pada mata pelajaran IPS Ekonomi.
Tujuan pembuatan skripsi ini adalah untuk mendeskripsikan persepsi, sikap, dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi., siswa kelas XI SMK Bhakti Praja Margasari.
Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data kualitatif yaitu data yang berupa kata-kata atau gambar-gambar, karena jenis penelitian ini termasuk penelitian deskripsi, maka pengolahan datanya menggunakan analisa kualitatif. Pengertian dari analisa kualitatif adalah menganalisa data dengan menggambarkan data melalui kata-kata atau kalimat-kalimat dan dipisahkan menurut kategori yang ada untuk memperoleh keterangan yang jelas dan rinci.
Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa : Persepsi, sebanyak 87,5% menyatakan dengan latihan soal-soal sangat membantu mereka dalam pemahaman mata pelajaran IPS Ekonomi. Sikap, sebanyak 90% tekun dan rajin pada mata pelajaran IPS Ekonomi. Prestasi Belajar, sebanyak 65% berprestasi baik dengan memahami materi pelajaran IPS Ekonomi.
PE10003 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain