Skripsi
KINERJA PEGAWAI DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN MASYARAKAT DI KANTOR BERSAMA SAMSAT KABUPATEN TEGAL
Nama : Wahyu Yuliana Kartikasari, NPM : 2106501128, Judul : Kinerja Pegawai Dalam Memberikan Pelayanan Masyarakat Di Kantor Bersama SAMSAT Kabupaten Tegal.
Pokok permasalahan yang diajukan: Apakah kinerja dalam memberikan pelayanan masyarakat di Kantor Bersama SAMSAT Kabupaten Tegal telah sesuai dengan yang diinginkan oleh masyarakat ?
Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah:
1) Untuk mengetahui bagaimana kinerja pegawai dalam memberikan pelayanan masyarakat di Kantor Bersama SAMSAT Kabupaten Tegal.
2) Untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam memberikan pelayanan masyarakat di Kantor Bersama SAMSAT Kabupaten Tegal.
3) Untuk mengetahui solusi permasalahan yang ada dalam memberikan pelayanan masyarakat di Kantor Bersama SAMSAT Kabupaten Tegal.
Penelitian ini termasuk penelitian survei dengan mengambil sampel masyarakat wajib pajak di Kantor Bersama SAMSAT Kabupaten Tegal sejumlah 60 orang dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Data analisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif analitik.
Dengan responden sejumlah 60 orang dan jumlah item 18 dapat diperoleh total skor sebesar 3607 dan setelah dikonsultasikan dengan kriteria hasil jawaban responden maka dapat dikatakan bahwa kepuasan masyarakat berkaitan dengan pelayanan wajib pajak adalah ragu-ragu. Dengan tingkat kepuasan sebesar 66,79% dari skor maksimal. Kendala-kendala dan penghambat dalam pelayanan yang antara lain : lamanya waktu pelayanan, kurang ramahnya petugas dalam memberikan pelayanan, rumitnya pelayanan dan adanya biaya yang tidak memiliki kwitansi.
Catatan bagi UP3AD dan Kantor Bersama SAMSAT Kabupaten Tegal, dalam memberikan pelayanan perlu diupayakan secara maksimal kualitas pelayanan karena dari hasil penelitian diperoleh tingkat kepuasan terendah salah satunya adalah dengan cara mempercepat pelayanan dan tidak mengulur-ulur waktu untuk kepentingan pribadi. Tingkatkan profesionalisme kerja, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai kendala-kendala dan penghambat dalam memberikan pelayanan masyarakat.
Kata kunci : Kinerja Pegawai, Pelayanan Masyarakat.
FISIP10005 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain