Skripsi
Efektivitas Pelaksanaan Bimbingan kelompok dalam Pembentukan Sikap Belajar Siswa Kelas X Busana Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Kota Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010
NUR AINI. 1107500766. 2010. SKRIPSI. EFEKTIVITAS PELAKSANAAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM PEMBENTUKAN SIKAP BELAJAR SISWA KELAS X BUSANA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2009/2010. JURUSAN BIMBINGAN DAN KONSELING FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL.
Kata Kunci : Sikap Belajar, Bimbingan Kelompok
Dilatar belakangi dari masalah banyaknya siswa yang mengalami permasalahan belajar dikhawatirkan akan menghambat siswa tersebut dalam berprestasi, maka dipandang perlu ada sebuah layanan bimbingan kelompok secara terarah dan terprogram.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimanakah sikap belajar siswa kelas X Busana SMK N 1 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010 sebelum mendapat layanan bimbingan kelompok?; 2) Bagaimanakah sikap belajar siswa kelas X Busana SMK N 1 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010 setelah mendapat layanan bimbingan kelompok?; 3) Apakah pelaksanaan bimbingan kelompok efektif untuk pembentukan sikap belajar siswa kelas X SMK N 1 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010?; dan tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui sikap belajar siswa kelas X Busana SMK N 1 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010 sebelum mendapat layanan bimbingan kelompok; 2) untuk mengetahui sikap belajar siswa kelas X Busana SMK N 1 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010 setelah mendapat layanan bimbingan kelompok; 3) Untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan bimbingan kelompok untuk pembentukan sikap belajar siswa kelas X SMK N 1 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK N 1 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010 sebanyak 102 siswa. Sampel diambil dengan teknik proportional random sampling sebanyak 40% dari jumlah populasi dan didapat 40 siswa sebagai sampel. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan teknik analisis data t test.
Berdasarkan hasil perhitungan dengan korelasi product moment diperoleh angka teoritik sebesar 0,580 > 0,316 yaitu nilai rtabel pada batas penolakan dengan taraf signifikan 5% sehingga menolak hipotesis nihil (Ho): "Tidak ada perbedaan sikap belajar siswa kelas X Busana SMK N 1 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010"; dan menerima hipotesis alternatif (Ha): "Ada perbedaan sikap belajar siswa kelas X Busana SMK N 1 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010". Pembentukan sikap belajar siswa adalah 79% dari total pencapaian 100%
Saran yang dapat disampaikan adalah pihak SMK N 1 Kota Tegal agar dapat lebih memperhatikan keseriusan dalam melaksanakan kegiatan layanan bimbingan kelompok guna meningkatkan prestasi belajar siswa.
BK10002 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain