ttabel = 2,750. Yang berarti Hipotesis Nihil yang menyatakan : "Tidak terdapat Perbedaan Layanan Bimbingan Pribadi Terhadap Perkembangan Intelektual Siswa Putra dan Putri Kelas X SMA NU 01 Wakhid Hasyim Talang Tahun Pelajaran" />
Skripsi
Studi Komparasi dalam Layanan Bimbingan Pribadi Terhadap Perkembangan Intelektual Siswa putra dan putri Kelas X SMA NU 01 Wakhid Hasyim Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010
ERI KUSYANTI, 2010. NPM : 1107500693. Judul skripsi "Studi Komparasi dalam Layanan Bimbingan Pribadi Terhadap Perkembangan Intelektual Siswa putra dan putri Kelas X SMA NU 01 Wakhid Hasyim Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010",
Kata kunci : Bimbingan Pribadi, Perkembangan Intelektual.
Penelitian ini dilatarbelakangi, bahwa setiap siswa memiliki intelektual, potensi dan kecakapan, bakat dan minat, serta kondisi sesuai dengan karakteristik kepribadian dan kebutuhan dirinya secara realistik, agar dapat berkembang perlu dilayani secara tepat dan benar dengan layanan bimbingan pribadi di sekolah.
Permasalahannya Apakah ada Perbedaan Layanan Bimbingan Pribadi Terhadap Perkembangan Intelektual Siswa putra dan putri Kelas X SMA NU 01 Wakhid Hasyim Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010?" Berangkat dari masalah tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui "Perbedaan Layanan Bimbingan Pribadi Terhadap Perkembangan Intelektual Siswa putra dan putri Kelas X SMA NU 01 Wakhid Hasyim Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010".
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X SMA NU 01 Wakhid Hasyim Talang Kabupaten Tegal, pengambilan sampel dengan teknik random sampling terdata 30 orang (15 orang siswa putra dan 15 orang siswa putri). Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas layanan bimbingan pribadi dan variabel terikat perkembangan intelektual. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner, interview, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah statistik dengan rumus t test.
Dari hasil analisis data, diperoleh nilai thitung = 5,351. N = 30 dengan taraf signifikasi 99% (? = 1%) dimana ttabel = 2,750. Dengan demikian maka thitung = 5,351 > ttabel = 2,750. Yang berarti Hipotesis Nihil yang menyatakan : "Tidak terdapat Perbedaan Layanan Bimbingan Pribadi Terhadap Perkembangan Intelektual Siswa Putra dan Putri Kelas X SMA NU 01 Wakhid Hasyim Talang Tahun Pelajaran
BK10019 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain