Skripsi
PENGARUH KONDISI EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS VIII DI SMP ISLAM LOSARI BREBES TAHUN AJARAN 2009/2010
ANIQOH SITI, " Pengaruh Kondisi Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas VIII Di SMP Islam Losari Brebes Tahun Ajaran 2009/2010 : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UPS Tegal.
Kata Kunci : Pengaruh, Kondisi Ekonomi, Motivasi belajar ekonomi.
Keluarga merupakan lembaga sosial pertama yang dikenal oleh anak dan dalam keluarga ini dapat ditanamkan sikap-sikap yang dapat mempengaruhi perkembangan anak selanjutnya. Keluarga bertanggung jawab menyediakan dana untuk kebutuhan pendidikan anak. Keluarga (orang tua) yang keadaan sosial ekonominya tinggi tidak akan banyak mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sekolah anak, berbeda dengan orang tua yang keadaan sosial ekonominya rendah.
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimakah gambaran tentang keadaan sosial ekonomi orang tua siswa kelas VIII SMP Islam Losari - Brebes, bagaimanakah pengaruhnya kondisi sosial ekonomi orang tua siswa yang berbeda terhadap motivasi belajar siswa dan seberapa besar pengaruh kondisi sosial ekonomi siswa terhadap motivasi belajar ekonomi. Adapun tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimanakah kondisi sosial ekonomi orang tua siswa kelas VIII SMP Islam Losari - Brebes dan pengaruhnya terhadap motivasi belajar ekonomi dan untuk mengetahui besarnya pengaruh latar belakang ekonomi orang tua siswa yang berbeda terhadap motivasi belajar ekonomi..
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Islam Losari - Brebes tahun pelajaran 2009/2010 yang terdiri dari dari 4 kelas dengan jumlah 146 siswa. Besarnya sampel dalam penelitian ini adalah 30 siswa dan teknik pengambilan sampelnya menggunakan Proportional Random Sampling, untuk masing-masing kelas. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari satu variabel bebas (kondisi sosial ekonomi orang tua) dan satu variabel terikat (motivasi belajar ekonomi). Metode pengambilan data digunakan metode angket dan metode dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 66.7% responden memiliki kondisi ekonomi orang tua yang tergolong kurang baik.. hasil analisis data menunjukan ada pengaruh positif kondisi ekonomi orang tua siswa SMP Islam Losari - Brebes terhadap motivasi belajar ekonomi berdasarkan persamaan Y = 45.95 + 0.43x Dengan demikian hipotesis kerja yang menyatakan bahwa ada pengaruh positif antara kondisi ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar siswa SMP Islam Losari - Brebes"diterima".
Saran yang dapat diberikan yaitu karena adanya hubungan antara kondisi ekonomi orang tua dengan motivasi belajar anaknya, maka bagi orang tua yang kondisi ekonominya rendah atau kurang mampu dalam hal ini tingkat pendapatannya agar berusaha untuk meningkatkan pendapatannya dengan mencari pekerjaan tambahan. Bagi siswa yang berprestasi dan orang tuanya kurang mampu diharapkan sekolah dapat memberikan beasiswa atau program orang tua asuh atau orang tua angkat yang bersedia membantu memenuhi biaya pendidikannya.
PE10001 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain