Skripsi
Upaya Peningkatan Disiplin Belajar Melalui Bimbingan Belajar (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri Cerih I Tahun Pelajaran 2008/2009
FATIMAH. 2009. Skripsi dengan judul: "Upaya Peningkatan Disiplin Belajar Melalui Bimbingan Belajar (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri Cerih I Tahun Pelajaran 2008/2009)".
Kata Kunci: Disiplin Belajar, Bimbingan Belajar
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana disiplin belajar siswa kelas V SD Negeri Cerih I tahun pelajaran 2008/2009 sebelum dilakukan bimbingan belajar?; dan 2) Bagaimana disiplin belajar siswa kelas V SD Negeri Cerih I tahun pelajaran 2008/2009 setelah dilakukan bimbingan belajar?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui disiplin belajar siswa kelas V SD Negeri Cerih I tahun pelajaran 2008/2009 sebelum dilakukan bimbingan belajar; dan 2) Untuk mengetahui disiplin belajar siswa kelas V SD Negeri Cerih I tahun pelajaran 2008/2009 setelah dilakukan bimbingan belajar.
Populasi penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Cerih I tahun pelajaran 2008/2009 dengan populasi sebesar 43 siswa. Penelitian ini adalah penelitian populasi sehingga sampel penelitia ini adalah populasi penelitian sebesar 43 siswa. Hipotesis penelitian ini adalah: 1) Hipotesis Nihil: "tidak ada perbedaan tingkat disiplin belajar sebelum dan sesudah diberikan bimbingan belajar pada siswa kelas V SD Negeri Cerih I tahun pelajaran 2008/2009"; dan 2) Hipotesis alternatif: "ada perbedaan tingkat disiplin belajar sebelum dan sesudah diberikan bimbingan belajar pada siswa kelas V SD Negeri Cerih I tahun pelajaran 2008/2009". 40 (tiga puluh) butir soal diujikan dalam sebuah tes tryout diperoleh 27 butir soal dinyatakan valid dan reliabel berdasarkan hasil uji perhitungan validitas dan reliabilitas. Ke-27 butir soal ini digunakan sebagai alat pengumpul data penelitian.
Hasil perhitungan menunjukkan sampel eksperimen memperoleh skor pre test 67; post test I 72,82; dan post test II 80,67; sehingga disimpulkan terjadi peningkatan disiplin belajar setelah dilakukan bimbingan belajar pada siswa kelas V SD Negeri Cerih I tahun pelajaran 2008/2009 yang dapat dirinci sebagai berikut:
Dengan demikian maka hipotesis nihil H0 "tidak ada perbedaan tingkat disiplin belajar sebelum dan sesudah diberikan bimbingan belajar pada siswa kelas V SD Negeri Cerih I tahun pelajaran 2008/2009" dinyatakan ditolak; dan menerima Hipotesis Alternatif Ha "ada perbedaan tingkat disiplin belajar sebelum dan sesudah diberikan bimbingan belajar pada siswa kelas V SD Negeri Cerih I tahun pelajaran 2008/2009".
Saran yang dapat diberikan terhadap Kepala Sekolah SD Negeri Cerih I adalah agar memberikan dukungan kepada para guru untuk melakukan bimbingan belajar dengan lebih baik lagi dalam rangka meningkatkan disiplin belajar siswa. Dengan bimbingan belajar diharapkan siswa juga akan lebih bisa berdisiplin dalam mematuhi peraturan-peraturan sekolah.
BK10008 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain