Skripsi
Studi Komparatif Hasil Belajar IPS Ekonomi Antara Pembelajaran Metode Tutor Sebaya Dengan Pembelajaran Metode Ceramah Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Slawi Tahun Pelajaran 2009 / 2010
KUSUMANINGRUM, DYAH AYU. 2010. Studi Komparatif Hasil Belajar IPS Ekonomi Antara Pembelajaran Metode Tutor Sebaya Dengan Pembelajaran Metode Ceramah Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Slawi Tahun Pelajaran 2009/2010. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : IPS Ekonomi, Metode Tutor Sebaya, Metode Ceramah
Permasalahan pokok yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah: (1) Adakah perbedaan hasil belajar IPS Ekonomi antara pembelajaran metode tutor sebaya dengan pembelajaran metode ceramah pada siswa kelas X di SMA Negeri 3 Slawi Tahun Pelajaran 2009/2010?, (2) Manakah yang menunjukkan hasil belajar IPS Ekonomi yang lebih baik antara pembelajaran dengan menggunakan metode tutor sebaya dengan pembelajaran menggunakan metode ceramah pada siswa kelas X di SMA Negeri 3 Slawi Tahun Pelajaran 2009/2010?. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksanaan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar IPS Ekonomi antara pembelajaran metode tutor sebaya dengan pembelajaran metode ceramah pada siswa kelas X di SMA Negeri 3 Slawi Tahun Pelajaran 2009/2010, (2) Hasil belajar IPS Ekonomi dengan pembelajaran metode tutor sebaya lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran metode ceramah pada siswa kelas X di SMA Negeri 3 Slawi Tahun Pelajaran 2009/2010.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Slawi Tahun Pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 286 siswa yang terbagi dalam 9 kelas. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 64 siswa yang terbagi dalam 2 kelompok, yaitu yang diberi pembelajaran metode ceramah sejumlah 32 siswa (kelas X.5) dan yang diberi pembelajaran metode totur sebaya sejumlah 32 siswa (kelas X.2). Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan tes. Sedangkan metode analisis yang digunakan alah menggunakan metode t-test.
Dari pengujian hipotesis menggunakan t-test diperoleh t hitung = 2,6456 > t tabel = 1,999 dengan taraf signifikan 5%. Dengan demikian maka penggunaan metode pembelajaran tutor sebaya menunjukkan prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan dengan penggunaan metode ceramah pada pembelajaran IPS Ekonomi khususnya pada pokok bahasan Bentuk Pasar pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Slawi Tahun Pelajaran 2009/2010.
Saran yang dapat penulis berikan adalah hendaknya seorang guru IPS Ekonomi menerapkan metode pembelajaran yang lebih bervariasi, sebagai contoh yaitu menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya yang dapat melibatkan siswa secara aktif dalam proses belajar mengajar. Untuk menunjang keberhasilan pelaksanaan metode pembelajaran tutor sebaya hendaknya sekolah mengintensifkan sarana sekolah yang ada seperti perpustakaan dan media belajar sehingga siswa dapat dengan mudah mencari sumber ilmu pengetahuan yang dapat mendukung keberhasilan siswa dalam belajar.
PE10002 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain