ztabel 1 % = 0,296 yang berarti ada hubungan yang signifikan antara pelayanan teller dengan kepuasan nasabah simpanan pada BRI Unit Jatinegara Kabupaten Tegal. Perolehan nilai determinasi sebesar 79,74 % artinya bahwa pelayanan teller memberikan kontribusi terhadap variasi naik turunnya kepuasan nasabah simpanan pada BRI Unit Jatinegara Kabupaten Tegal sebesar 79,74 %. Sedangkan sisanya sebesar 20,26 % merupakan kontribusi dari factor lain yang tidak dapat dituangkan dalam penelitian ini. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini telah terbukti secara empiris." />
Skripsi
Pengaruh Pelayanan Teller terhadap Kepuasan Nasabah Simpanan pada BRI Unit Jatinegara Kabupaten Tegal
SUMANTRI, KUSUMA. NPM : 4107502772. PENGARUH PELAYANAN TELLER TERHADAP KEPUASAN NASABAH SIMPANAN PADA BRI UNIT JATINEGARA KABUPATEN TEGAL. SKRIPSI. PROGRAM STUDI MANAJEMEN. 2009.
Pokok masalah dalam penelitian ini adalah "Bagaimana pengaruh pelayanan teller terhadap kepuasan nasabah simpanan pada BRI Unit Jatinegara Kabupaten Tegal". Sehubungan dengan hal tersebut, maka tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelayanan teller terhadap kepuasan nasabah simpanan pada BRI Unit Jatinegara Kabupaten Tegal.
Populasi dalam penelitian ini, yaitu seluruh nasabah simpanan pada BRI Unit Jatinegara Kabupaten Tegal, di mana terdaftar 512 nasabah. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik accidental random sampling yaitu pengambilan secara acak tiba-tiba nasabah yang melakukan transaksi setoran di BRI Unit Jatinegara Kabupaten Tegal, sehingga total sampel adalah 77 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis Korelasi Rank Spearman, Uji Signifikansi Korelasi, Analisis Koefisien Determinasi.
Hasil perhitungan korelasi diperoleh nilai korelasi rS atau rhoXY sebesar 0,893. Dengan demikian maka hipotesis terbukti, dibuktikan dengan nilai korelasi rS bertanda positif, di mana semakin baik pelayanan teller maka nasabah simpanan pada BRI Unit Jatinegara Kabupaten Tegal akan merasa semakin puas. Demikian pula sebaliknya apabila pelayanan teller semakin jelek, maka nasabah simpanan akan merasa semakin tidak puas. Hasil pengujian nilai rho, diperoleh r = 0,893 > ztabel 1 % = 0,296 yang berarti ada hubungan yang signifikan antara pelayanan teller dengan kepuasan nasabah simpanan pada BRI Unit Jatinegara Kabupaten Tegal. Perolehan nilai determinasi sebesar 79,74 % artinya bahwa pelayanan teller memberikan kontribusi terhadap variasi naik turunnya kepuasan nasabah simpanan pada BRI Unit Jatinegara Kabupaten Tegal sebesar 79,74 %. Sedangkan sisanya sebesar 20,26 % merupakan kontribusi dari factor lain yang tidak dapat dituangkan dalam penelitian ini. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini telah terbukti secara empiris.
MP10005 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain