Skripsi
Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Ditinjau dari Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang Kubus dan Balok (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas VIII Semester II MTs NU 01 Tarub Kab. Tegal Tahun Pelajaran 2008
FITROTUN UYUN. 2010. STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA ANTARA SISWA YANG MENGGUNAKAN LATIHAN MANDIRI DENGAN YANG MENGGUNAKAN LATIHAN KELOMPOK (Penelitian pada siswa kelas VIII Semester II Pokok Bahasan Kubus dan Balok MTs NU 01 Tarub Tahun Ajaran 2008/2009).
Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Latihan Mandiri, Latihan Kelompok, Prestasi Belajar Matematika.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada bahasan kubus dan balok antara yang menggunakan model pembelajaran latihan mandiri dengan yang menggunakan model pembelajaran latihan kelompok. Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai sebagai bahan masukan bagi guru dalam menentukan pemilihan model pembelajaran yang tepat khususnya mata pelajaran matematika.
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi metode dokumentasi, observasi, dan metode tes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs NU 01 Tarub Tahun Ajaran 2008/2009 yang berjumlah 178 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling sejumlah 72 siswa yang terbagi dalam dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, yang masing - masing berjumlah 36 siswa.
Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t. Dengan taraf signifikan 5% diperoleh ttabel sebesar 1,70 sedangkan thitung sebesar 3,11. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pebedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang menggunakan latihan mandiri dengan yang menggunakan latihan kelompok pada pokok bahasan kubus dan balok pada siswa kelas VIII semester II MTs NU 01 Tarub Tahun Ajaran 2008/2009, dimana model latihan kelompok lebih baik dari model latihan mandiri.
Saran dalam penelitian ini adalah guru harus mampu menciptakan proses pembelajaran yang efektif dan suasana yang kondusif, guru harus mampu melakukan pendekatan serta memberikan perhatian lebih pada siswa yang berkemampuan rendah.
PM10015 | Tersedia | ||
PMTK10056 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain