Skripsi
Efektifitas Penggunaan Strategi Pembelajaran Think- Talk- Write Dalam Pembelajaran Faktorisasi Bentuk Aljabar Pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 1 Bulakamba Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010.
NOVI DIAN MULYANI. 2010. NPM: 1705500823. "Efektifitas Penggunaan Strategi Pembelajaran Think- Talk- Write Dalam Pembelajaran Faktorisasi Bentuk Aljabar Pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 1 Bulakamba Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Efektivitas, Think- Talk- Write, Prestasi Belajar, Sikap.
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui efektifitas strategi pembelajaran Think- Talk- Write terhadap prestasi belajar matematika dan sikap siswa, jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 1 Bulakamba Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010 sebanyak 240 siswa yang terbagi dalam 8 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII G sebagai kelas eksperimen, dan kelas VIII H sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, tes, dan angket. Instrumen yang digunakan adalah tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji analisis varians multivariat satu arah. Dengan taraf signifikan sebesar 5% menggunakan uji Liliifors dan uji Bartlet data prestasi dan angket terbukti normal dan homogen.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran Think- Talk- Write lebih efektif terhadap prestasi belajar matematika dan sikap siswa dari pada pembelajaran konvensional dalam kompetensi dasar faktorisasi bentuk aljabar pada siswa kelas VIII Semester ganjil SMP Negeri 1 Bulakamba Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010. Sementara itu sikap siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran Think- Talk- Write pada kategori sangat baik sebesar 37,5%.
Saran dalam proses belajar mengajar kompetensi dasar faktorisasi bentuk aljabar sebaiknya menggunakan strategi pembelajaran Think- Talk- Write , karena dalam pembelajaran ini siswa diikut sertakan secara langsung dalam proses belajar mengajar. Sehingga siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar, tidak hanya mendengarkan uraian guru.
PM10002 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain