r tabel ini berarti terdapat peranan yang cukup signifikan layanan bimbingan pribadi terhadap kenakalan siswa kelas VI SD Purwodadi 02 Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010." />
Skripsi
Peranan Bimbingan Pribadi Terhadap Tingkat Kenakalan Siswa Sekolah Dasar Purwodadi 02 Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010
ABDUL HARIS. NPM. 1107500723, Judul Skripsi : "Peranan Bimbingan Pribadi Terhadap Tingkat Kenakalan Siswa Sekolah Dasar Purwodadi 02 Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010".
Kata Kunci : Layanan Bimbingan Pribadi dan Kenakalan Siswa
Pendidikan nasional harus mampu menjamin pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatan mutu dan relevansi serta efisiensi manajemen pendidikan. Pemerataan kesempatan pendidikan diwujudkan dalam program wajib belajar 9 tahun. Peningkatan mutu pendidikan diarahkan untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia seutuhnya melalui olahhati, olahpikir, olahrasa, dan olahraga agar memiliki daya saing dalam menghadapi tantangan global. Bahwa pada dasarnya anak adalah bukan orang dewasa mini, mereka hidup dalam dunia bermain, sedang berkembang, senang meniru dan berciri kreatif. Kenakalan yang dilakukan oleh siswa berakibat buruk bagi dirinya sendiri, sekolah dan lingkungan sosial masyarakat lainnya.
Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah : "Bagaimanakah Peran Bimbingan Pribadi Terhadap Tingkat Kenakalan Siswa Sekolah Dasar Purwodadi 02 Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010?"
Sesuai dengan perumusan masalah di atas maka penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui keterlaksanaan bimbingan pribadi terhadap kenakalan siswa Sekolah Dasar Purwodadi 02 Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010 ? (2) Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan timbulnya kenakalan siswa Sekolah Dasar Purwodadi 02 Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010 ? (3) Untuk mengetahui peranan bimbingan pribadi dalam membantu mengatasi kenakalan siswa Sekolah Dasar Purwodadi 02 Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010 ?
Penentuan sampel didasarkan pada pengambilan secara random untuk tiap-tiap kelas diambil secara random tanpa memperhatikan besar kecilnya populasi sehingga mendapatkan jumlah sampel seperti yang dikehendaki oleh peneliti yaitu sejumlah 29 siswa.
Berdasarkan hasil analisis data yang telah disajikan, maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Tingkat kenakalan siswa kelas VI SD Purwodadi 02 Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010 adalah tinggi terbukti terdapat 25 siswa dari 29 siswa ini ber ketercapaian skor mencapai 86 %. (2) Keterlaksanaan bimbingan tergolong tinggi karena hampir semua responden menjawab bahwa layanan bimbingan pribadi dengan kriteria terlaksana mencapai angka ketuntasan sebesar 65,5 % sedangkan yang menjawab sangat terlaksana berjumlah 10 siswa dari 29 siswa atau sebesar 34,5%. (3) Dari hasil analisis ditemukan bahwa r hitung > r tabel ini berarti terdapat peranan yang cukup signifikan layanan bimbingan pribadi terhadap kenakalan siswa kelas VI SD Purwodadi 02 Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010.
BK10024 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain