Skripsi
Pengaruh Bimbingan Pribadi Terhadap Pengembangan Konsep Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2009/ 2010
CICIK WIJAYANTI, 2010 "Pengaruh Bimbingan Pribadi terhadap Pengembangan Konsep Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2009/2010".
Kata Kunci : Pengaruh, Bimbingan Pribadi, Pengembangan Konsep Diri Siswa
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah bimbingan pribadi terhadap pengembangan konsep didri siswa, dapat mempengaruhi sikap siswa dalam belajar.
Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu untuk mengetahui pengaruh Bimbingan Pribadi terhadap Pengembangan Konsep Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2009/2010.
Berdasarkan tujuan tersebut dirumuskan dalam hipotesis nihil (H_0) yang berbunyi : tidak ada pengaruh bimbingan pribadi terhadap pengembangan konsep diri siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2009/2010 dan hipotesis kerja (H_a) yang berbunyi : ada pengaruh bimbingan pribadi terhadap pengembangan konsep diri siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2009/2010.
Jenis penelitian dalam skripsi ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2009/2010 dari jumlah populasi tersebut diambil sampel sebanyak 40 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara kuota. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket sebagai tehnik pokok dan dokumentasi, wawancara sebagai tehnik pendukung. Sementara metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dengan rumus kolerasi Product Moment dengan angka kasar. Dalam analisis data diperoleh nilai korelasi atau r_hitung sebesar 0,814 sedangkan nilai korelasi dalam tabel (r_1) adalah 0,312 . Dari hasil tersebut berarti hipotesis nihil (H_0) yang diajukan ditolak, dan hipotesis kerja (H_a) dinyatakan diterima. Sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Bimbingan Pribadi terhadap Pengembangan Konsep Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2009/2010.
Dengan adanya penelitian ini diharapkan kepada guru pembimbing dapat memberikan layanan bimbingan pribadi untuk mengembangkan konsep diri yang positif pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun ajaran 2009/ 2010.
BK10010 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain