Skripsi
PENGARUH PELAKSANAAN BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAPEL BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 TIRTO KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2006/2007
SONHAJI, 2006, "PENGARUH PELAKSANAAN BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAPEL BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 TIRTO KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2006/2007", Penelitian Tindakan Kelas.
Siswa adalah individu manusia yang berpotensi, yang layak dikembangkan untuk mencapai kemandirian, kreatifitas dan produktifitas yang dilandasi oleh iman dan taqwa. Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional, bahasa yang dipergunakan dalam berkomunikasi antara bangsa-bangsa di dunia. Bahasa inggris menjadi penting untuk dipelajari agar kita dapat melakukan hubungan dengan bangsa lain dan dalam rangka memperluas ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan bimbingan belajar diharapkan siswa dapat belajar dengan tenang tanpa beban dalam pikirannya, sehingga secara tidak langsung dapat meningkatkan prestasi belajar yang akan mendorong tercapainya cita-cita yang menjadi tujuan dalam hidupnya kelak dikemudian hari.
Berdasarkan hal-hal tersebut penulis mencoba meneliti dengan tujuan ingin mengetahui sejauh mana Pengaruh Pelaksanaan Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mapel Bahasa Inggris pada Siswa kelas IX SMP Negeri 1 Tirto Kabupaten Pekalongan tahun pelajaran 2006/2007.
Sebagai populasi adalah siswa kelas IX sejumlah 211 siswa. Sedangkan sampel sebanyak 24 siswa yang diambil secara random sampling dengan cara undian. Sampel tersebut dibagai menjadi dua kelompok, 12 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 12 siswa lagi sebagai kelompok kendali/pembanding.
Sedangkan metode yang digunakan adalah metode metode dokumentasi dan metode wawancara. Dalam pengumpulan data penulis mengambil nilai raport sebelumnya sebagai hasil uji awal dan nilai raport setelah pelaksanaan bimbingan belajar sebagai hasil uji akhir pada kedua kelompok. Langkah selanjutnya adalah melakukan perhitungan untuk kepentingan uji hipotesis.
Dalam rangka uji hipotesis penelitian, penulis menggunakan rumus t-test dengan derajad kebebasan (db) sebesar 22 dari t tabel pada taraf signifikansi 5 % diperoleh nilai 2,074 dan pada taraf signifikansi 1 % diperoleh nilai 2,819. Sedangkan t hitung = 6,585 maka hipotesis penelitian dapat diterima.
Berdasarkan uraian tersebut penulis simpulkan bahwa terdapat pengaruh Pelaksanaan Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mapel Bahasa Inggris pada Siswa kelas IX SMP Negeri 1 Tirto Kabupaten Pekalongan tahun pelajaran 2006/2007. Dan penulis sarankan agar hasil yang telah diperoleh melalui kegiatan bimbingan belajar tersebut dapat ditingkatkan melalui program bimbingan pribadi mapun bimbingan kelompok.
BK10009 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain