Skripsi
Peran Layanan Bimbingan Kelompok Sebagai Upaya Mengatasi Ketidakdisiplinan Siswa Terhadap Tata Tertib Di SMA Negeri 5 Cirebon Tahun Pelajaran 2009 - 2010
ROIKHA, 1108501083, Judul : "Peran Layanan Bimbingan Kelompok Sebagai Upaya Mengatasi Ketidakdisiplinan Siswa Terhadap Tata Tertib Di SMA Negeri 5 Cirebon Tahun Pelajaran 2009 - 2010".Skripsi Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Drs. Sukoco KW, Pembimbing II : Suriswo, M. Pd.
Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Kedisiplinan Siswa, Tata Tertib Sekolah
Yang melatar belakangi dalam penelitian skripsi ini adalah banyaknya siswa yang tidak disiplin terhadap pelaksanaan tata tertib sekolah. Berangkat dari wacana tersebut dan adanya informasi kurang disiplinnya siswa dalam melaksanakan tata tertib sekolah, maka penulis melakukan penelitian pada objek tersebut untuk membuktikan sejauhmana peran layanan bimbingan kelompok berpengaruh pada kedisiplinan siswa dalam melaksanakan tata tertib sekolah.
Penelitian ini bersifat deskriptif analitik, yaitu mendapatkan gambaran secara lengkap tentang permasalahan tersebut. Hal tersebut sangat relevan dengan tujuan penelitian yang penulis cantumkan yaitu untuk mengetahui peran layanan bimbingan kelompok terhadap kedisiplinan siswa dalam melaksanakan tata tertib sekolah. Oleh karena itu manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah dapat membantu siswa, sekolah, orang tua dan guru pembimbing dalam menerapkan sikap disiplin yang pedagogis, guna tercapainya kedisiplinan siswa terhadap pelaksanaan tata tertib pada umumnya.
Pendekatan teori yang digunakan meliputi hal - hal yang terkait dengan permasalahan kedisiplinan di sekolah dan konsep - konsep bimbingan kelompok yang dilaksanakan oleh siswa. Metode yang digunakan adalah metode angket, dokumentasi dibantu dengan observasi dan wawancara. Penelitian ini bersifat populasi studi, dengan subjek penelitiannya berjumlah 95 siswa. Selanjutnya analisa yang digunakan adalah statistik yang bersifat kwantitatif dan hasil analisis menunjukan bahwa hasil perhitungan statistik pada taraf signifikansi 5 % dengan skor r empirik 0, 680 ternyata lebih besar dari nilai pada tabel. Dengan demikain hipotesa kerja yang diajukan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara layanan bimbingan kelompok terhadap kedisiplinan siswa dalam melaksanakan tata tertib sekolah di SMA Negeri 5 Cirebon dinyatakan diterima
Dengan demikian layanan bimbingan kelompok sangat berpengaruh pada pencapaian kedisiplinan siswa dalam melaksanakan tata tertib sekolah. Selanjutnya atas dasar kesimpulan dari hasil penelitian, maka beberapa saran yang penulis sampaikan kepada pihak - pihak yang terkait yang dalam hal ini seperti pihak kepala sekolah, guru pembimbing, guru mata pelajaran dan juga siswa dalam rangka penerapan terhadap kedisiplinan siswa dalam melaksanakan tata tertib sekolah hendaknya dapat dimaknai dan dapat diterapkan dalam kehidupan keseharian di sekolah.
BK10006 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain