rtabel (0.936 > 0.361), hal ini menunjukkan bahwa ternyata nilai r hitung lebih besar r tabel pada taraf signifikan 5% yang berarti dapat dikatakan bahwa Hipotesis nihil (Ho) ditolak, yang mengemukakan " Tidak ada pengaruh yang signifikan antara layanan informasi dalam bimbingan karier terhadap kepuasan jurusan di SMA N 1 Kramat Tahun Pelajaran 2009/2010", dan hipotesis kerja (Ha) diterima, yang mengemukakan " Ada pengaruh yang signifikan antara layanan informasi dalam bimbingan karier terhadap kepuasan jurusan di SMA N 1 Kramat Tahun Pelajaran 2009/2010", Saran yang direkomendasikan dalam hal ini adalah kepala sekolah maupun guru-guru setidaknya dapat memperhatikan nasib anak didik di masa depannya, jangan sampai siswa-siswi di sekolah tidak memiliki bekal dan kemampuan dalam diri untuk mencapai cita-citanya, yaitu dengan seringnya diadakan layanan informasi yang berkaitan dengan karier ataupun evaluasi terhadap kemampuan siswa-sisiwi pada waktu-waktu tertentu untuk mengetahui sudah sejauhmana mereka memiliki kesiapan khususnya pada siswa yang akan menghadapi kelulusan." />
Skripsi
Pengaruh Layanan Informasi dalam bimbingan Karier terhadap Kepuasan penempatan Jurusan Pada Peserta Didik Kelas XI SMA N 1 Kramat Tahun Pelajaran 2009/2010
NUR ASIYAH, 2009. NPM : 1107500741. Judul skripsi "Pengaruh Layanan Informasi Dalam Bimbingan Karier Terhadap Kepuasan Penempatan Jurusan Pada Peserta Didik Kelas XI SMA N 1 Kramat Tahun Pelajaran 2009/2010".
Kata Kunci : Layanan Informasi, Bimbingan Karier, Kepuasan Penempatan Jurusan.
Layanan informasi dalam bimbingan karier adalah memberikan informasi serta penjelasan tentang pembagian jurusan, program, syarat untuk dapat memasuki program tertentu sekaligus kemungkinannya untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi atau memasuki dunia kerja.
Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah "Adakah pengaruh layanan informasi dalam bimbingan karier terhadap kepuasan penempatan program pada peserta didik kelas XI SMA N 1 Kramat tahun pelajaran 2009/2010", Tujuan penelitiannya adalah ingin mengetahui ada tidaknya pengaruh layanan informasi dalam bimbingan karier terhadap kepuasan penempatan jurusan, ingin mengetahui tingkat kepuasan penempatan jurusan, dan ingin mengetahui besarnya pengaruh layanan informasi dalam bimbingan karier terhadap kepuasan penempatan jurusan pada siswa kelas XI SMA N 1 Kramat tahun pelajaran 2009/2010.
Populasi dalam penelitian ini dapat ditentukan, yaitu seluruh siswa kelas XI sejumlah 355 orang dan sampelnya adalah 36 orang. Variabel penelitian terdiri dari variabel layanan informasi dalam bimbingan karier dan variabel terikat kepuasan penempatan jurusan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah menggunakan dengan rumus korelasi product moment.
Dari hasil analisis data, ditemukan rhitung = 0.936 kemudian rhitung dikonsultasikan dengan nilai r tabel pada taraf signifikan 5% diperoleh rtabel = 0.361. Maka rhitung > rtabel (0.936 > 0.361), hal ini menunjukkan bahwa ternyata nilai r hitung lebih besar r tabel pada taraf signifikan 5% yang berarti dapat dikatakan bahwa Hipotesis nihil (Ho) ditolak, yang mengemukakan " Tidak ada pengaruh yang signifikan antara layanan informasi dalam bimbingan karier terhadap kepuasan jurusan di SMA N 1 Kramat Tahun Pelajaran 2009/2010", dan hipotesis kerja (Ha) diterima, yang mengemukakan " Ada pengaruh yang signifikan antara layanan informasi dalam bimbingan karier terhadap kepuasan jurusan di SMA N 1 Kramat Tahun Pelajaran 2009/2010",
Saran yang direkomendasikan dalam hal ini adalah kepala sekolah maupun guru-guru setidaknya dapat memperhatikan nasib anak didik di masa depannya, jangan sampai siswa-siswi di sekolah tidak memiliki bekal dan kemampuan dalam diri untuk mencapai cita-citanya, yaitu dengan seringnya diadakan layanan informasi yang berkaitan dengan karier ataupun evaluasi terhadap kemampuan siswa-sisiwi pada waktu-waktu tertentu untuk mengetahui sudah sejauhmana mereka memiliki kesiapan khususnya pada siswa yang akan menghadapi kelulusan.
BK10004 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain