Skripsi
Pelaksanaan Bimbingan Kelompok dalam Rangka Menumbuhkan Kreativitas Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Brebes 01 Tahun Pelajaran 2009/2010
ASTUTI, TRI YUNI. 2010. Pelaksanaan Bimbingan Kelompok dalam Rangka Menumbuhkan Kreativitas Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Brebes 01 Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi: Prodi. Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Kreativitas Siswa
Kreativitas dapat dibentuk dan ditumbuhkembangkan melalui produk-produk pendidikan. Untuk dapat membentuk dan menumbuhkembangkan kreativitas melalui proses pendidikan di sekolah.
Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah "Bagaimanakah pelaksanaan bimbingan kelompok dalam rangka menumbuhkan kreativitas siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Brebes 01 Tahun Pelajaran 2009/2010?". Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kreativitas sebelum dan sesudah pelaksanaan bimbingan kelompok serta untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan bimbingan kelompok dalam menumbuhkan kreativitas siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Brebes 01 Tahun Pelajaran 2009/2010.
Populasi dalam penelitian yaitu siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Brebes 01 Tahun Pelajaran 2009/2010 sejumlah 39 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner sebagai teknik pokok dan wawancara sebagai teknik pendukung. Data dianalisis menggunakan t-test.
Hasil pre-test sebelum layanan bimbingan kelompok, memperlihatkan kondisi kreativitas siswa sebelum pelaksanaan bimbingan kelompok, di mana ada 2 siswa atau 4,88% yang memiliki kreativitas tinggi, 20 siswa atau 48,78% memiliki kreativitas sedang, dan sisanya 19 siswa atau 46,34% memiliki kreativitas rendah. Sementara itu jika dilihat dari rata-rata kreativitas diperoleh total skor variabel sebesar 2.190, yang berarti rata-rata kreativitas siswa adalah sebesar 53,41 dan dalam kategori kreativitas sedang. Sedangkan sesudah pelaksanaan bimbingan kelompok, kondisi kreativitas berubah, di mana ada 22 siswa atau 53,66% yang memiliki kreativitas tinggi dan sisanya 19 responden atau 46,34% memiliki kreativitas sedang.
BK10001 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain