Skripsi
Studi Korelasi Prestasi Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas X.PE Dengan Kegiatan Keterampilan Marketing di SMKN 1 Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009-2010
MOH. AFANDHI HW, 2009, Skripsi. "Studi Korelasi Prestasi Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas X.PE Dengan Kegiatan Keterampilan Marketing di SMKN 1 Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009-2010". Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Prestasi Belajar, Mata Pelajaran Kewirausahaan, Kegiatan Keterampilan Marketing.
Permasalah dalam penelitian ini adalah "apakah siswa yang memperoleh prestasi belajar mapel kewirausahaan yang baik juga mempunyai keterampilan yang memadai di dalam melaksanakan praktek marketing tersebut". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan atau korelasi yang signifikan antara prestasi belajar mata pelajaran Kewirausahaan siswa kelas X PE dengan Keterampilan Kegiatan Marketing (KKM) di SMKN 1 Slawi .
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis yang berbunyi : Untuk mengetahui adakah hubungan antara Prestasi Mata Pelajaran Kewirausahaan pada siswa kelas X.PE dengan Kegiatan Keterampilan Pemasaran/Paket di SMKN 1 Slawi Kab. Tegal Tahun Pelajaran 2009-2010.
Dalam penelitian ini dipilih sampel secara random sampling, yaitu kelas X.PE.1, X.PE.2, X.PE.3 dan setiap kelas diambil sample secara acak yaitu 20 siswa perkelasnya berarti ada sebanyak 60 sampel.
Dari hasil analisis data product moment dengan n = 60 dan taraf signifikansi 1% diperoleh rtabel = 0,330. Karena rhitung = 0,768 lebih besar dari rtabel = 0,330. Maka dapat diketahui bahwa hubungan tersebut adalah hubungan yang positif, yaitu jika Prestasi Mata Pelajaran Kewirausahaan siswa baik, maka Kegiatan Keterampilan Marketing siswapun baik.
Saran Bagi SMKN 1 Slawi agar selalu menetaskan ide-ide cemerlang lainnya dalam kegiatan marketing. Dan juga harus mempertahankan serta mengembangkan kegiatan keterampilan marketing tersebut, meningkatkan atau menambah barang-barang yang dipasarkan oleh siswa sehingga tidak monoton kebutuhan sehari-hari saja. Kegiatan keterampilan marketing juga sangat membantu siswa-siswi untuk menjadi lebih berani dan lincah dalam memasarkan barang-barangnya.
PE10004 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain