ttabel = 2,76 yang berarti menyatakan bahwa hipotesis nihil ditolak dan menerima hipotesis alternatif yang menyatakan : "Terdapat perbedaan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi antara sebelum dan sesudah diberi pengajaran remidial terhadap siswa kelas X Semester I SMA NU 01 Penawaja Adiwerna Tahun Pelajaran 2009/2010". Dengan demikian, maka hipotesis penelitian terbukti secara empiris. Peranan pengajaran remedial dapat diketahui dari tingkat prestasi siswa, di mana sebelum pengajaran remidial nilai rata-rata dari tes formatif siswa sebesar 63,07, kemudian setelah diadakan pengajaran remidial nilai rata-rata tes formatif menjadi 76,83. Dalam pengajaran remidial, hendaknya guru merencanakan terlebih dahulu secara sistematis agar hasil pengajaran remidial dapat efektif. Tujuan, materi, cara penyampaian, perkiraan waktu yang diperlukan dalam pengajaran remidial juga harus diperhatikan. Selain itu prosedur pengajaran remidial juga tidak diabaikan yang meliputi analisis hasil diagnosis, menentukan bidang yang perlu mendapat perbaikan, menyusun program perbaikan, serta melaksanakan program perbaikan. Guru hendaknya juga tidak berfokus pada peningkatan prestasi belajar saja melainkan juga harus memperhatikan cara penyampaian materi agar siswa dapat dengan mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru." />