t tabel yang berarti hipotesis nihil ditolak dan menerima hipotesis alternatif yang menyatakan : "Ada perbedaan yang signifikan hasil belajar pada mata pelajaran Ekonomi antara sebelum dan sesudah menggunakan metode pembelajaran kooperatif pada siswa kelas VII semester 2 di SMP PGRI Banjaratma Brebes Tahun Pelajaran 2008/2009". Peningkatan yang ada menunjukkan bahwa sebelum penggunaan metode pembelajaran kooperatif nilai hasil tes formatif rata-rata sebesar 67,08, kemudian setelah penggunaan metode pembelajaran kooperatif prestasi meningkat sebesar 8,34 % menjadi rata-rata 75,42." />
Skripsi
Studi Perbandingan Hasil Belajar Siswa Antara Sebelum dan Sesudah Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif dalam Mata Pelajaran IPS Ekonomi Kelas VII Semester 2 di SMP PGRI Banjaratma Brebes Tahun Pelajaran 2008/2009
RIYANTI AGUS. 2010. Studi Perbandingan Hasil Belajar Siswa Antara Sebelum dan Sesudah Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif dalam Mata Pelajaran IPS Ekonomi Kelas VII Semester 2 di SMP PGRI Banjaratma Brebes Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dra. Faridah,M.Si. Pembimbing II : Drs. Budiyono.
Kata Kunci : Belajar, Metode Kooperatif, Ekonomi.
Permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah : "Apakah ada perbedaan yang signifikan hasil belajar pada mata pelajaran IPS Ekonomi antara sebelum dan sesudah menggunakan metode pembelajaran kooperatif pada siswa kelas VII semester 2 di SMP PGRI Banjaratma Brebes Tahun Pelajaran 2008/2009?".
Tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksanaan penelitian ini yaitu untuk mengetahui signifikansi perbedaan hasil belajar pada mata pelajaran Ekonomi antara sebelum dan sesudah menggunakan metode pembelajaran kooperatif pada siswa kelas VII semester 2 di SMP PGRI Banjaratma Brebes Tahun Pelajaran 2008/2009.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP PGRI Banjaratma Brebes Tahun Pelajaran 2008/2009 yang keseluruhn berjumlah 105, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 24 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan metode t-test.
Berdasarkan hasil penelitian mengenai upaya peningkatan hasil belajar siswa dengan metode pembelajaran kooperatif dalam mata pelajaran ekonomi kelas VII semester 2 di SMP PGRI Banjaratma Brebes Tahun Pelajaran 2008/2009, maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar pada mata pelajaran Ekonomi antara sebelum dan sesudah menggunakan metode pembelajaran kooperatif. Hal ini dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis, dimana diperoleh nilai thitung sebesar 7,487 > t tabel yang berarti hipotesis nihil ditolak dan menerima hipotesis alternatif yang menyatakan : "Ada perbedaan yang signifikan hasil belajar pada mata pelajaran Ekonomi antara sebelum dan sesudah menggunakan metode pembelajaran kooperatif pada siswa kelas VII semester 2 di SMP PGRI Banjaratma Brebes Tahun Pelajaran 2008/2009".
Peningkatan yang ada menunjukkan bahwa sebelum penggunaan metode pembelajaran kooperatif nilai hasil tes formatif rata-rata sebesar 67,08, kemudian setelah penggunaan metode pembelajaran kooperatif prestasi meningkat sebesar 8,34 % menjadi rata-rata 75,42.
PE10006 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain