2,000 dengan demikian koefisien t-test sebesar 9,7712 siginifikan pada taraf signifikasi 5%. Atas dasar perhitungan tersebut maka hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi "Bimbingan belajar kelompok dapat meningkatkan prestasi belajar kewirausahaan siswa kelas XI program keahlian akuntansi pada SMK PGRI 2 Taman Pemalang tahun pelajaran 2008/2009" diterima pada taraf signifikasi 5%, sedangkan hipotesis nihil (Ho) yang berbunyi "Bimbingan belajar kelompok tidak dapat meningkatkan prestasi belajar kewirausahaan siswa kelas XI program keahlian akuntansi pada SMK PGRI 2 Taman Pemalang tahun pelajaran 2008/2009" , ditolak." />
Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN MELALUI BIMBINGAN BELAJAR KELOMPOK KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI PADA SMK PGRI 2 TAMAN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2008/2009'
Rusmono, NPM. 1308500566, Upaya meningkatkan prestasi belajar kewirausahaan melalui bimbingan belajar kelompok kelas XI program keahlian akuntansi pada SMK PGRI 2 Taman Pemalang tahun pelajaran 2008 - 2009.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan bimbingan belajar kelompok dalam upaya untuk meningkatkan preastasi belajar kewirausahaan siswa kelas XI program keahlian akuntansi pada SMK PGRI 2 Taman Pemalang tahun pelajaran 2008/2009.
Jumlah populasi dalam penelitian ini 142 orang siswa dari keseluruhan jumlah siswa kelas XI SMK PGRI 2 taman Pemalang tahun pelajaran 2008-2009. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel bimbingan belajar kelompok sebagai variabel bebas (X) dan variabel prestasi belajar sebagai variabel terikat (Y). Sampel penelitian ini sebanyak 60 orang siswa, metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan metode dokumentasi. Metode tes digunakan untuk mengukur prestasi belajar, sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang keadaan siswa beserta latar belakangnya.
Hipotesis alternatif (Ha) dalam penelitian ini adalah "Bimbingan belajar kelompok dapat meningkatkan prestasi belajar kewirausahaan siswa kelas XI program keahlian akuntansi pada SMK PGRI 2 Taman Pemalang tahun pelajaran 2008/2009" , sedangkan hipotesis nihil (Ho) adalah "Bimbingan belajar kelompok tidak dapat meningkatkan prestasi belajar kewirausahaan siswa kelas XI program keahlian akuntansi pada SMK PGRI 2 Taman Pemalang tahun pelajaran 2008/2009". Dari analisis dan pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis t-test diproleh t-test = 9,7712 kemudian koefisien tersebut dikonsultasikan dengan table t pada taraf signifikasi 5% db = 59 yaitu sebesar 2,000. Maka 9,7712 > 2,000 dengan demikian koefisien t-test sebesar 9,7712 siginifikan pada taraf signifikasi 5%. Atas dasar perhitungan tersebut maka hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi "Bimbingan belajar kelompok dapat meningkatkan prestasi belajar kewirausahaan siswa kelas XI program keahlian akuntansi pada SMK PGRI 2 Taman Pemalang tahun pelajaran 2008/2009" diterima pada taraf signifikasi 5%, sedangkan hipotesis nihil (Ho) yang berbunyi "Bimbingan belajar kelompok tidak dapat meningkatkan prestasi belajar kewirausahaan siswa kelas XI program keahlian akuntansi pada SMK PGRI 2 Taman Pemalang tahun pelajaran 2008/2009" , ditolak.
PE10009 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain