Skripsi
Studi Korelasi Praktek Perkoperasian dengan Minat Berwirausaha pada Siswa Kelas X SMK Karya Bhakti Brebes Tahun Pelajaran 2008/2009
Amin Zainal. 2009. Studi Korelasi Praktek Perkoperasian dengan Minat Berwirausaha Pada Siswa Kelas X SMK Karya Bhakti Brebes Tahun Pelajaran 2008/2009.
Kata Kunci : Perkoperasian dan Minat Berwirausaha.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara praktek perkoperasian dengan minat berwirausaha siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif karena menggunakan angka-angka sebagai sumber pengolahan datanya, dan ditunjang oleh studi keputstakaan sesuai dengan karakteristik yang diteliiiti dan data yang dikumpulkan. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Karya Bhakti Brebes Tahun Pelajaran 2008/2009 dan ditetapkan 45 siswa sebagai sampelnya. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi obsevarsi, kuesioner dan wawancara. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment untuk mencari hubungan antara variabel praktek perkoperasian dengan variabel minat berwirausaha siswa.
Pengolahan data dilakukan secara statistik dengan menggunakan rumus korelasi product moment dan pengetesan siginifikansi korelasi dilakukan terhadap hipotesis nihil (Ho) yang berbunyi "Ho ditolak bila harga r hitung sama atau melebihi harga r tabel. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa harga r hitung sebesar +0,937 jauh melebihi harga r tabel sebesar +0,294 pada taraf siginifikan 5% dan sebesar + 0,380 pada taraf signifikan 1%. Sedangkan berdasarkan standar konservatif menunjukkan harga r sebesar +0,937 berada pada interval antara +0,800 sampai dengan +1.000 diinterpretasikan memiliki nilai tinggi, artinya bahwa pengaruh yang ditimbulkan dari praktek perkoperasian terhadap minat berwirausaha siswa adalah tinggi.
Kesimpulannya adalah bahwa antara praktek perkoperasian dengan minat berwirausaha pada siswa kelas X SMK Karya Bhakti Brebes terdapat korelasi dan meyakinkan/singinifikan.
Dengan melihat adanya hubungan yang kuat positif dan signifikan antara praktek perkoperasian dengan minat berwirausaha siswa, maka hendaknya guru ekonomi koperasi mengoptimalkan peran dan fungsi koperasi sekolah sebagai media pengembangan minat berwirausaha siswa dengan cara mengikutsertakan seluruh siswa dalam kegiatan perkoperasian.
PE10011 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain