Skripsi
Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Dengan Menggunakan Metode Resitasi pada Materi Pokok Persamaan Linear Satu Variabel (Suatu Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VII Semester I MTs. Asy-Syafi'iyyah Jatibarang Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran
SITI ISYUNIATI, 2010. Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Dengan Menggunakan Metode Resitasi pada Materi Pokok Persamaan Linear Satu Variabel (Suatu Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VII Semester I MTs. Asy-Syafi'iyyah Jatibarang Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009 / 2010). Skripsi. Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Meningkatkan, Prestasi Belajar, Persamaan Linear Satu Variabel dan Metode Resitasi.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa pada pelajaran matematika masih relatif rendah. Ditemukan bahwa rendahnya prestasi belajar siswa pada materi pelajaran matematika khususnya materi pokok persamaan linear satu variabel terjadi karena kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan upaya melalui penerapan metode resitasi sebagai pembelajaran yang berkualitas dan lebih menitik beratkan pada pembelajaran siswa aktif. Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Apakah melalui penerapan metode resitasi dapat meningkatkan prestasi belajar matematika pada materi pokok persamaan linear satu variabel?". Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar matematika pada materi pokok persamaan linear satu variabel. Hasil dari penelitian tindakan kelas ini diharapkan dapat memberi manfaat bagi guru, siswa dan bagi sekolah. Adapun manfaat yang diperoleh adalah sebagai berikut; bagi siswa, terutama siswa yang mengalami kesulitan belajar materi pokok persamaan linear satu variabel, melalui metode resitasi diharapkan siswa dapat meningkatkan prestasi belajar. Dengan dilaksanakannya penelitian tindakan kelas guru dapat mengetahui sedikit demi sedikit cara pembelajaran yang sesuai dan bervariasi, sehingga dapat memperbaiki dan meningkatkan proses pembelajaran di kelas, bagi sekolah sebagai masukan dan sumbangan kepada sekolah dalam upaya meningkatkan prestasi belajar khususnya pelajaran matematika.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas VII B dan VII C MTs. Asy-Syafi'iyyah Jatibarang Brebes dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas ini secara klasikal apabila prestasi belajar siswa mencapai nilai 63 sebanyak 75% atau lebih dikatakan tuntas belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat ketuntasan belajar siswa setelah diadakan penelitian ini, prestasi belajar meningkat dari sebelum tindakan sebesar 59,40 menjadi rata-rata 69,02. Siswa yang memperoleh nilai 63 atau lebih sebanyak 88,63%. Dengan demikian dikatakan tuntas belajar secara klasikal dan tindakan kelas melalui metode resitasi dikatakan berhasil.
Kesimpulannya adalah metode resitasi yang dicobakan dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam persamaan linear satu variabel di kelas VII B dan VII C siswa MTs. Asy-Syafi'iyyah Jatibarang Kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010. Aktifitas siswa dalam pembelajaran pada siklus I sampai siklus II berangsur-angsur menunjukkan peningkatan, baik sikap belajarnya, ketekunannya, motivasinya, rasa tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan serta kemampuannya menyelesaikan masalah persamaan linear satu variabel. Dalam tindakan kelas ini telah dapat ditingkatkan aktifitas baik secara kognitif, afektif maupun psikomotor siswa sehingga prestasi belajar pada akhir siklus II dapat dikategorikan tuntas belajar.
Saran yang disampaikan berkaitan dengan hasil penelitian ini adalah guru matematika dapat melakukan kegiatan upaya meningkatkan kemampuan siswa tentang persamaan linear satu variabel melalui penerapan metode resitasi dengan tindakan kelas. Kepala MTs. Asy-Syafi'iyyah Jatibarang diharapkan menghimbau kepada guru mata pelajaran agar meningkatkan prestasi belajar siswa melalui kegiatan resitasi dalam pembelajaran baik melalui pengayaan maupun remidiasi sehingga materi pokok tertentu yang belum tuntas dapat dituntaskan dan siswa kelas VII MTs. Asy-Syafi'iyyah Jatibarang diberi motivasi sehingga mampu melakukan kegiatan pengulangan materi pelajaran matematika di rumah secara rutin secara rutin agar apa yang diterima di sekolah dapat dicerna diingat kembali dengan mudah.
PMTK10033 | Tersedia | ||
PMTK10034 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain