Skripsi
Efektivitas Metode Pembelajaran pemberian tugas dengan pendekatan inquiry terhadap Prestasi Belajar Matematika Pokok Bahasan bangun ruang
AHMAD SHIDQON. NPM : 1705500843. 2010. "Efektivitas Metode Pembelajaran pemberian tugas dengan pendekatan inquiry terhadap Prestasi Belajar Matematika Pokok Bahasan bangun ruang " (Suatu Penelitian Kelas VIII Semester II Mts NU Sunan Kalijaga Adiwerna Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009). Skripsi Program Studi Pendidikan matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Efektivitas, pendekatan inquiry, Prestasi
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi belajar antara siswa yang diajar dengan Metode Pembelajaran pemberian tugas dengan pendekatan inquiry dengan Metode Konvensional dan jika ada apakah siswa yang diajar dengan Metode Pembelajaran pemberian tugas dengan pendekatan inquiry lebih baik dibandingkan dengan Metode Konvensional.
Penelitian ini mengambil lokasi di MTs NU Sunan Kalijaga Adiwerna Tegal Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII semester II yang berjumlah 156 siswa dan terbagi dalam 4 kelas antara lain VIII A,VIII B,VIII C dan VIII D. Sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas VIII A dan VIII B, yang diambil secara Cluster Random Sampling. Untuk menguji hipotesis yang diajukan digunakan Statistik Uji-t dua pihak dan uji-t pihak kanan.
Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan prestasi belajar antara siswa yang diajar dengan metode pembelajaran pemberian tugas dengan pendekatan inquiry dan siswa yang diajar dengan metode Konvensional dan prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan Metode Pembelajaran pemberian tugas dengan pendekatan inquiry lebih baik dari pada prestasi belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Metode Konvensional.
Diharapkan guru dapat menggunakan metode pembelajaran pemberian tugas dengan pendekatan inquiry sebagai variasi dalam mengajar ,sehingga siswa lebih aktif dan kreatif dalam mengikuti pelajaran dan berdampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.
PMTK10013 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain