Skripsi
Efektifitas Pembelajaran Model Cooperative Learning type STAD dengan metode VAK terhadap Prestasi Belajar Matematika Pokok Bahasan Persamaan dan Fungsi Kuadrat pada Siswa Kelas X Semester I SMA Negeri 5 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010
ARIF HERDI NUURKOCO, 2010. "Efektifitas Pembelajaran Model Cooperative Learning type STAD dengan metode VAK terhadap Prestasi Belajar Matematika Pokok Bahasan Persamaan dan Fungsi Kuadrat pada Siswa Kelas X Semester I SMA Negeri 5 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010.". Skripsi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Pembelajaran Model Cooperative Learning type STAD dengan metode VAK (Visual Auditory Kinestetik), Persamaan dan Fungsi Kuadrat, Prestasi, Uji-t.
Implementasi kurikulum pembelajaran menuntut peran guru secara aktif dalam mengelola sebuah kelas, sehingga kompetensi dasar yang telah ditetapkan dapat tercapai secara maksimal. Kenyataan bahwa tugas yang diemban guru sebagai perancang pembelajaran adalah sangat rumit, karena berhadapan dengan cakupan isi pembelajaran yang telah ditetapkan dan siswa yang membawa seperangkat sikap, kemampuan awal, dan karakteristik perseorangan lainnya ke dalam situasi pembelajaran. Karakteristik perseorangan inilah yang membedakan tingkat pemahaman siswa dalam menyerap materi yang disampaikan oleh guru. Karakteristik itu sendiri berkaitan dengan tipe/gaya belajar. Kita sebagai pendidik tentu harus memiliki metode mengajar yang beraneka ragam yaitu disesuaikan dengan gaya belajar siswa dan kondisi serta situasi yang ada pada saat itu. Model pembelajaran yang dapat menjadi alternatif untuk mengatasi permasalahan di atas adalah dengan pendekatan pembelajaran kooperatif. Penulis memilih satu dari sekian banyak tipe pembelajaran kooperatif yaitu dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievment Division (STAD). Dalam penulisan skripsi ini, penulis mencoba menggabungkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode pembelajaran yang berbasiskan pada tipe/gaya belajar siswa atau dengan kata lain berdasarkan sistem kerja otak siswa dalam mengerti dan memahami materi pelajaran, yaitu dengan metode VAK (Visual Auditorial Kinestetik).
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pembelajaran menggunakan model Cooperative Learning type STAD metode VAK (Visual Auditory Kinestetik) dengan pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika pokok bahasan Persamaan dan Fungsi Kuadrat pada siswa kelas X semester I SMA Negeri 5 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X semester Gasal SMA N 5 kota Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 238 siswa terbagi dalam 6 kelas. Sampel penelitian terdiri atas kelompok penggunaan model Cooperative Learning type STAD dengan metode VAK (Visual Auditory Kinestetik), kelompok pengguna metode konvensional, dan kelompok uji coba yang dipilih secara acak. Jumlah siswa kelompok pengguna model Cooperative Learning type STAD dengan metode VAK (Visual Auditory Kinestetik) sebanyak 39 siswa yaitu kelas X4, kelompok pengguna metode konvensional sebanyak 39 siswa yaitu kelas X5, dan kelompok uji coba yaitu kelas X6. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi dan tes prestasi hasil belajar matematika.
Hasil penelitian dengan menggunakan uji-t menunjukan bahwa terdapat perbedaan pembelajaran dengan menggunakan model Cooperative Learning type STAD metode VAK (Visual Auditory Kinestetik) dengan pembelajaran konvensional terhadap prestasi hasil belajar matematika pada siswa siswa kelas X semester Gasal SMA N 5 kota Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010, prestasi hasil belajar matematika yang menggunakan model Cooperative Learning type STAD metode VAK (Visual Auditory Kinestetik) lebih baik dibandingkan dengan menggunakan metode konvensional. Dapat dilihat juga ternyata penggunaan pembelajaran model Cooperative Learning type STAD dengan metode VAK (Visual Auditory Kinestetik) lebih efektif dari pada pembelajaran menggunakan metode konvensional.
Hendaknya hasil penelitian ini dapat dijadikan pertimbangan bagi sekolah dalam mengambil kebijakan, khususnya dalam merencanakan model pembelajaran yang diterapkan di SMA Negeri 5 Kota Tegal guna mengembangkan pengajaran.
PMTK10016 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain