Skripsi
Kemampuan Menulis Cerita Pendek Dengan Model Pembelajaran Nondirektif Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Ketanggungan Tahun Pelajaran 2009/2010
DAUNAH. 2010. "Kemampuan Menulis Cerita Pendek Dengan Model Pembelajaran Nondirektif Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Ketanggungan Tahun Pelajaran 2009/2010". Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Menulis cerita pendek, pembelajaran nondirektif.
Masalah yang dibahas dalam Penelitian adalah (1) Bagaimanakah kemampuan menulis cerita pendek pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Ketanggungan dengan model pembelajaran nondirektif? (2) Bagaimanakah pelaksanaan menulis cerita pendek dengan model pembelajaran nondirektif pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Ketanggungan? (3) Bagaimanakah keefektifan pembelajaran menulis cerita pendek dengan pendekatan nondirektif.
Tujuan Penelitian adalah (1) Memperoleh deskripsi mengenai kemampuan menulis cerita pendek dengan pembelajaran nondirektif pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Ketanggungan.(2) Memperoleh deskripsi mengenai pelaksanaan menulis cerita pendek dengan model pembelajaran nondirektif pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Ketanggungan. (3) Mengetahui keefektifan pendekatan nondirektif untuk menulis cerita pendek.
Penelitian ini dilaksanakan melalui penilaian awal (pretes) dan penilaian akhir (postes). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Ketanggungan Tahun Ajaran 2009/2010 yang berjumlah tiga kelas. Sampel penelitian ditentukan secara random. Jumlah sampel sebanyak 40 siswa yang tergabung dalam satu kelas yaitu kelas XA. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu model pembelajaran nondirektif dan prestasi belajar menulis cerita pendek pengumpulan data menggunakan teknik pretes dan postes, sehingga analisis yang digunakan adalah kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis cerita pendek dalam pembelajaran nondirektif sebesar 24,88. Skor rata-rata pada penilaian awal (pretes) 51,25 dan skor rata-rata pada penelitian akhir (postes) 76,13.
Dari hasil data penelitian yang penulis lakukan maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran nondirektif dalam pengajaran cerita pendek berpengaruh pada keaktifan dan peningkatan prestasi belajar siswa. Oleh karena itu penulis menyarankan agar penerapan model pembelajaran nondirektif dalam pengajaran cerita pendek diberikan kepada siswa.
PBSID10004 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain