Skripsi
Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Bermain Peran Siswa Kelas V SD Negeri Lemahabang 01 Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010
Diswo Santoso. NPM. 1208500749. 2009. Judul: Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Bermain Peran Siswa Kelas V SD Negeri Lemahabang 01 Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010.
Seorang guru PKn perlu memahami dan mengembangkan berbagai metode, ketrampilan mengajar dan strategi dalam pembelajaran PKn. Tujuannya antara lain agar dapat menyusun program pembelajaran yang dapat memotivasi siswa agar mreka belajar dengan senang dengan istilah Pembelajaran Aktif, Inovatif Kreatif Efektif Menyenangkan (PAIKEM).
Dengan alasan pendekatan metode bermain peran banyak membantu dalam pembelajaran PKn khususnya yang banyak bersentuhan langsung dengan kehidupan di masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Lemahabang 01 Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes. Indikator keberhasilan dalam PTK adalah ketuntasan belajar secara klasikal 70% nilai tertinggi 100 dan terendah 68.
Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2, pelaksanaan pada masing-masing siklus memiliki tahapan-tahapan seperti; perencanaan, tindakan observasi dan refleksi serta diakhiri dengan adanya tes yang merupakan penilaian hasil dari tindakan penelitian. Dari pelaksanaan siklus 1 diperoleh data ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 40% (16 siswa) sehingga peneliti menganggap masih perlu mengadakan penelitian lanjutan. Sedangkan pada siklus 2 ketuntasan belajar klasikal sebesar 90% (36 siswa).
Hasil perolehan nilai yang dicapai pada siklus 1 ke siklus 2 terdapat peningkatan ketuntasan belajar siswa secara klasikal 50% (20 siswa). Hal ini sudah sesuai dengan harapan dari peneliti sehingga tidak perlu diadakan penelitian lanjutan. Hasil yang diperoleh penulis beranggapan bahwa dengan pendekatan metode bermain peran pada pembelajaran PKn kompetensi dasar Menjelaskan Pengertian Pentingnya Peraturan Perundang-undangan Tingkat Pusat dan Daerah, dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Sehingga diharapkan para guru dalam pembelajaran PKn banyak menggunakan pendekatan metode bermain peran agar siswa lebih tertarik, lebih senang dan konsep-konsep pembelajaran bisa diterima dengan mudah.
PKN10008 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain