Skripsi
Pengaruh Pengembangan Diri Melalui Layanan Konseling Terhadap Kepribadian Siswa Kelas VII SMPN 1 Losari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010.
SRI FAUZIYAH, 2009. NPM: 1107500698. Skripsi dengan judul, Pengaruh Pengembangan Diri Melalui Layanan Konseling Terhadap Kepribadian Siswa Kelas VII SMPN 1 Losari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010.
Kata kunci : Pengembangan Diri. Konseling dan Kepribadian.
Penelitian ini dilatar belakangi, setiap siswa ada keinginan mengembangkan potensi dan kecakapan, bakat dan minat, serta kondisi sesuai dengan karakteristik kepribadian dan kebutuhan dirinya secara realistik, agar dapat berkembang perlu dilayani secara tepat dan benar.
Permasalahannya apakah ada Pengaruh Pengembangan Diri melalui Layanan Konseling Terhadap Kepribadian Siswa Kelas VII SMPN 1 Losari Kabupaten Brebes. Berangkat dari masalah itu maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Pengembangan Diri Melalui Layanan Konseling Terhadap Kepribadian Siswa Kelas VII SMPN 1 Losari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010.
Populasi dalan penlaian ini adalah siswa Kelas VII SMPN 1 Losari, pengambilan sampel dengan teknik random sampling terdata 30 orang. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas Pengembangan Diri melalui Pelayanan Konseling dan variabel terikat Kepribadian Siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner, interview, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah statistik dengan rumus korelasi Product Moment.
Dari tabel analisis data, ditemukan rhitung diperoleh 0,466 > 0,361 rtabel batas penolakan dengan taraf signikfikan 5%, data hasil perhitgan kemudian dikorelasikan dengan rtabel, sehingga dapat dikatakan bahwa ada Pengaruh Pemgembangan Diri melalui Layanan Konseling Terhadap Kepribadian Siswa Kelas VII SMPN 1 Losari, hal ini didukung hasil pengembangan diri melalui layanan konseling angka capaiannya adalah 1.598 rata-rata menjawab diatas angka capaian 65,44% dari skor ideal dan dapat dikategorikan cukup baik, sedangkan kepribadian siswa ditemukan angka capaiannya 1.905 atau mencapai angka capaian 79,37% dari skor ideal dapat dikategorikan cukup baik kepribadiannya namun sisanya menjawab kurang baik dan dapat diindikasikan sisanya berada pada kepribadian yang kurang.
Saran yang dapat direkomendasikan adalah siswa memanfaatkan layanan konseling yang disediakan sekolah untuk mengatasi masalah-masalah pengembangan diri siswa, bagi guru BK memberikan layanan informasi tentang pengembangan kehidupan pribadi, yaitu bidang pelayanan yang membantu peserta didik dalam memahami, menilai dan pengembangkan potensi dan kecakapan, bakat dan minat, serta kondisi sesuai dengan karakteristik kepribadian dan kebutuhan dirinya secara realistik. Kepala Sekolah senantiasa menugaskan kepada Guru Pembimbing untuk aktif dalam berbagai kegiatan peningkatan profesionalitas sebagai guru pembimbing serta menyediakan fasilitas-fasilitas yang memadai untuk memberikan layanan memadahi.
BK10029 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain