Skripsi
Efektivitas Pengaruh Pembelajaran Realistic Mathematics Education Terhadap Sikap dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Semester I Tahun Pelajaran 2009/2010
VINI KARTIKA SARI. 2010. Efektivitas Pengaruh Pembelajaran Realistic Mathematics Education Terhadap Sikap dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Semester I Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Efektivitas, Realistic Mathematics Education, Sikap, Hasil Belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Realistic Mathematics Education terhadap sikap dan hasil belajar matematika pada siswa yang diajar dengan pembelajaran Realistic Mathematics Education dan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SDIT Usamah Tegal dan SDN Panggung 11 Tegal yang berjumlah 90 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling, 30 siswa untuk kelompok eksperimen yang diajar dengan pembelajaran Realistic Mathematics Education dan 30 siswa untuk kelompok kontrol yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Ragam Multivariat satu arah (One-Way MANOVA).
Dari hasil penelitian diperoleh bahwa ada pengaruh pembelajaran Realistic Mathematics Education terhadap sikap dan hasil belajar matematika siswa kelas V semester I tahun pelajaran 2009/2010. Siswa yang diajar dengan pembelajaran Realistic Mathematics Education mempunyai sikap dan hasil belajar matematika yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Realistic Mathematics Education lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.
PMTK10003 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain