Skripsi
Studi Komparatif Model Pembelajaran Creative Problem Solving dengan Numbered Heads Together Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Suatu Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VII Semester I SMP Al Irsyad Taman Pada Materi Pokok Bilangan Bulat Tahun Pelajaran
SANDYA KHAERUN NUGRAHA, 2009. NPM : 1707501215. Judul skripsi Studi Komparatif Model Pembelajaran Creative Problem Solving dengan Numbered Heads Together Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Suatu Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VII Semester I SMP Al Irsyad Taman Pada Materi Pokok Biangan Bulat Tahun Pelajaran 2009 / 2010.
Kata Kunci : CPS, NHT, pemecahan masalah, model, bilangan bulat, matematika
Pembelajaran matematika akan lebih efektif apabila dilakukan dengan menggunakan metode pembelajaran, model pembelajaran yang tepat, dan menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan materi, sehingga siswa lebih mudah memahami materi yang sedang disampaikan oleh guru. Salah satu langkah yang bisa dilakukan oleh guru sebagai pembimbing peserta didik adalah memilih model pembelajaran yang tepat. Model pembelajaran CPS merupakan suatu model pembelajaran yang melakukan pemusatan pada pengajaran dan keterampilan pemecahan masalah, yang diikuti dengan penguatan ketrampilan dan model NHT merupakan model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan pendekatan sturktural yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi peserta didik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VII SMP Al Irsyad Taman sub pokok bahasan bilangan bulat yang menggunakan model CPS lebih baik dari peserta didik yang menggunakan model NHT. Hipotesis statistik dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika pada pokok bahasan bilangan bulat peserta didik SMP Al Irsyad menggunakan model CPS lebih baik bila dibandingkan dengan menggunakan metode NHT. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes. Metode tes digunakan untuk mengumpulkan data hasil kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Berdasarkan uji proporsi, uji , ternyata zhitung > ztabel pada taraf signifikansi 5%, sehingga maka H0 ditolak dan H1 diterima berarti pembelajaran dengan model CPS lebih baik dari pembelajaran kooperatif tipe NHT. Simpulan penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika pokok bahasan bilangan bulat dengan model pembelajaran CPS lebih efektif dibanding pembelajaran NHT. Faktor yang menjadikan pembelajaran CPS lebih baik dari NHT: memberikan kebebasan dalam berpendapat, pada tahap evaluasi dan pemilihan peserta didik yang lemah mendapat masukan dari peserta didik yang relatif kuat sehingga menimbulkan motivasi belajar, dan juga diberikan latihan untuk mengerjakan soal-soal memecahkan masalah didalam LKS.
PMTK10004 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain