Skripsi
Efektivitas Penggunaan Media Flashcard Pada Pengajaran Speaking
SITI AISAH. "Efektivitas Penggunaan Media Flashcard Pada Pengajaran Speaking Siswa". Skripsi. 2009. Program Strata 1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Media Flashcard dan Pengajaran Speaking Siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media flashcard mempuanyai pengaruh positif pada kemampuan speaking siswa kelas VII SMP Negeri 03 Bulakamba tahun pelajaran 2009/2010.
Berdasarkan landasan teori dan kerangka berfikir, maka hipotesis pada penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut : "penggunaan media flashcard berpengaruh positif terhadap kemampuan speaking siswa kelas VII SMP Negeri 03 Bulakamba tahun pelajaran 2009/2010".
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 03 Bulakamba tahun pelajaran 2009/2010, yang berjumlah 120 siswa. Dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Sampel dalam penelitian ini 40 siswa dan dibagi 2 kelompok, kelompok I terdiri dari 20 siswa dan kelompok II terdiri dari 20 siswa.
Analisis data dari penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Uji-t untuk mengetahui perbedaan nilai mean dari dua kelompok.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam taraf signifikansi 5% terdapat perbedaan yang signifikan pada penguasaan speaking siswa yang diajar menggunaan media flashcard dengan siswa yang diajar tanpa menggunkan media flashcard di SMP. Dibuktikan pada perhitungan hasil dari t-hitung 6,5254 dan dari t-tabel 2,021. Hal ini menunjukkan bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel.
Simpulan penelitian adalah bahwa penggunaan media flashcard mempunyai pengaruh positif terhadap kemampuan speaking siswa .
Dari penelitian ini diharapkan guru dapat menerangkan penggunaan media Flashcard khususnya dalam pengajaran berbicara bahasa Inggris. Karena setiap guru mempunyai kewajiban untuk meningkatkan kualitas peserta didiknya dengan program dan metode pengajaran yang baik.
PBI10002 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain