Skripsi
Pengaruh Tingkat Penerapan Strategi Metakognitif terhadap Prestasi Belajar Matematika Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Tegak (Studi Penelitian pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 13 Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009)
EKA SETYAWATI. NPM. 1705500808. 2010. "Pengaruh Tingkat Penerapan Strategi Metakognitif terhadap Prestasi Belajar Matematika Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Tegak (Studi Penelitian pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 13 Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009)". Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Drs. Ponohardjo, M.Pd., Pembimbing II : Munadi, M.Si.
Kata Kunci : Pengaruh, Tingkat Penerapan Strategi Metakognitif, Pestasi Belajar Matematika, Bangun Ruang Sisi Tegak.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat penerapan strategi metakognitif terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan bangun ruang sisi tegak dan untuk mengetahui besarnya pengaruh tingkat penerapan strategi metakognitif terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan bangun ruang sisi tegak siswa kelas VIII semester 2 SMP Negeri 13 Tegal.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 13 Tegal kelas VIII semester 2, dengan pengambilan sampel secara cluster random sampling. Sampel penelitian berjumlah 80 siswa dari dua kelas yaitu kelas VIII.B dan kelas VIII.C. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, meetode tes pilihan ganda dan metode kuesioner. Instrumen unguk metode tes berjumlah 25 butir soal dan metode kuesioner berjumlah 20 item. Sebelum instrumen penelitian diberikan kepada sampel, terlebih dahulu diberikan kepada kelas try out berjumlah 40 siswa, kemudian dianalisis validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran. Setelah itu dianalisis pra syarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas serta dilanjutkan dengan menggunakan analisis statistik regresi linier dan Uji-t.
Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa (1) tingkat penerapan strategi metakognitif berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika pokok bahasan bangun ruang sisi tegak, (2) tingkat penerapan strategi metakognitif mempunyai sedikit pengaruh dalam meningkatkan prestasi belajar matematika pokok bahasan bangun ruang sisi tegak. Hal ini berkaitan dengan landasan teori yang ada, yang menyatakan bahwa strategi metakognitif sangat diperlukan pada proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa, agar dalam proses pembelajaran dapat lebih terarah dan terfokus pada arah tujuan pembelajaran. Sedangkan dalam pembelajaran bangun ruang sisi tegak perlu adanya perencanaan dan strategi khusus agar siswa dapat menuju pada tujuan pembelajaran atau standar kompetensi yang ada sehingga saling berhubungan satu sama lain.
PMTK10005 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain