Skripsi
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TIPE BERPASANGAN THINK-PAIR-SQUARE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATERI POKOK OPRASI BILANGAN BULAT
Saepurochman, 2010. NPM : 1707501193. Judul skripsi Penerapan Model Pembelajaran Tipe Berpasangan Think-Pair-Square Terhadap Prestasi Belajar Materi Pokok Operasi Bilangan Bulat (Suatu penelitian tindakan kelas pada siswa kelas VII semester I SMP Negeri 5 Randudongkal tahun ajaran 2009/2010). Skripsi 2010. Program Strata I. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal
Kata Kunci : Think-Pair-Square, hasil belajar, matematika.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VII semester I SMP Negeri 5 Randudongkal tahun ajaran 2009/2010 dengan menggunakan model pembelajaran tipe berpasangan think-pair-square (berfikir-berpasangan-berempat).
Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah dengan pembelajaran tipe berpasangan think-pair-square (berfikir-berpasangan-berempat) dapat meningkatkan prestasi belajar matematika.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) yang dilakukan secara kolaboratif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 5 Randudongkal yang berjumlah 36 siswa. Obyek dalam penelitian ini adalah pelaksanaan proses dan hasil yang diperoleh dari model pembelajaran tipe berpasangan think-pair-square pada pelajaran matematika siswa kelas VII SMP Negeri 5 Randudongkal. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, teknik tes, teknik dokumentasi , dan teknik wawancara. Teknik analisis data pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan deskriptif kualitatif untuk tiap siklus, yaitu dengan menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber yaitu observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk data tes prestasi belajar dilakukan secara deskriptif kuantitatif dengan menghitung rata-rata dan tingkat keberhasilan siswa.
Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah diterapkan model pembelajaran tipe berpasangan think-pair-square prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika mengalami peningkatan. Nilai rata-rata sebelum tindakan sebesar 62,22 dengan ketuntasan siswa sebesar 58,33%. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 68,47 dengan ketuntasan belajar siswa sebesar 75% dan tingkat keberhasilan perolehan nilai naik sebesar 63,89%, nilai sama sebesar 22,22%, nilai turun sebesar 13,89%. Sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 77,08 dengan ketntasan belajar 88,89%, dan tingkat keberhasilan perolehan nilai naik sebesar 86,11%, nilai sama sebesar 11,11%, dan nilai turun sebesar 2,78%. Jadi peningkatan nilai rata-rata pra tindakan dari pre tes I dan post tes I pada siklus I sebesar 6,25 dan peningkatan nilai rata-rata tes prestasi dari siklus I ke siklus II sebesar 8,61.
Presentase tingkat keberhasilan prestasipun meningkat pada siklus II dibandingkan siklus I dimana siswa yang memperoleh nilai naik sebesar 22,22%, sedangkan siswa yang memperoleh nilai sama dan nilai turun sebesar 11,11%. Saran peneliti, guru dapat memberikan tugas kelompok yang lebih bervariasi dan membentuk susunan ulang anggota kelompok sehingga dapat menghindari adanya kejenuhan siswa.
PMTK10006 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain