Skripsi
Studi Komparatif antara Pendekatan Konstruktivisme dengan Pendekatan Konvensional terhadap Prestasi Belajar Matematika Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung (Studi Kasus pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Ampelgading Tahun Pelajaran 2007/2008)
SUSANTI, 2010, Studi Komparatif antara Pendekatan Konstruktivisme dengan Pendekatan Konvensional terhadap Prestasi Belajar Matematika Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung (Studi Kasus pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Ampelgading Tahun Pelajaran 2007/2008). Skripsi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Pendekatan Konstruktivisme, Pendekatan Konvensional, Prestasi Belajar Matematika.
Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui prestasi belajar matematika pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ampelgading tahun pelajaran 2007/2008 yang diajar menggunakan pendekatan kontruktivisme; 2) Untuk mengetahui prestasi belajar matematika pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ampelgading tahun pelajaran 2007/2008 yang diajar menggunakan pendekatan konvensional; 3) Untuk mengetahui apakah pendekatan kontruktivisme lebih baik dalam meningkatkan prestasi belajar matematika pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ampelgading tahun pelajaran 2007/2008 dibandingkan dengan pendekatan konvensional.
Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VIII semester 2 SMP Negeri 2 Ampelgading tahun pelajaran 2007/2008, sebanyak 160 siswa yang terbagi dalam empat kelas. Sebagai sampel penelitian ini 40 siswa kelas VIII A semester 2 SMP Negeri 2 Ampelgading tahun pelajaran 2007/2008 diberi pembelajaran menggunakan pendekatan konstruktivisme dan 40 siswa kelas VIII B semester 2 SMP Negeri 2 Ampelgading tahun pelajaran 2007/2008 diberi pembelajaran menggunakan pendekatan konvensional dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini teknik dokumentasi dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan kontruktivisme lebih baik dalam meningkatkan prestasi belajar matematika pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ampelgading tahun pelajaran 2007/2008 dibandingkan dengan pendekatan konvensional. Hal ini bisa dilihat dari hasil penelitian diperoleh nilai thitung sebesar 3,071. Hasil perhitungan uji t tersebut dikonsultasikan dengan nilai ttabel taraf signifikansi 5% dan dk (n1 + n2) - 2 = 78 diperoleh ttabel sebesar 1,980. Hasilnya thitung sebesar 3,071 lebih besar dari 1,980 atau thitung > ttabel. Hal ini berarti bahwa hipotesis kerja yang diajukan dapat diterima atau signifikan.
PMTK10007 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain