Skripsi
Bias Eksternal pada Tes Prestasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas VII antara MTs Negeri dengan MTs Swasta di Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal
Jannah, Roikhatul. 2010. Bias Eksternal Pada Tes Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VII Antara MTs Negeri Dengan MTs Swasta Kecamatan Lebaksiu Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci: Bias Eksternal dan Tes Prestasi.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil dan adanya bias eksternal pada tes prestasi belajar matematika pada siswa kelas VII MTs Negeri dan MTs Swasta di kecamatan Lebaksiu kabupaten Tegal. Tahun Pelajaran. 2009/2010.
Populasi dari penelitian ini adalah semua siswa kelas VII MMts di kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010 yang terdiri atas enam belas kelas di MTs Negeri dan dua belas kelas di MTs Swasta dengan jumlah siswa secara keseluruhan yaitu 968 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan tingkat kesukaran butir dan metode Transformed Item Difficulty (TID).
Dari hasil analisis data di peroleh bahwa: (1) Pada tingkat kesukaran tes prestasi belajar matematika pada MTs Negeri dengan MTs Swasta dari 20 butir soal ternyata masih tergolong mudah (2) Daya pembeda tes prestasi belajar matematika pada MTs Negeri terdapat 1 soal dalam kategori cukup dan 19 soal dalam kategori baik dan pada MTs Swasta terdapat 3 soal dalam kategori sangat jelek, 5 soal dalam kategori jelek, 2 soal dalam kategori cukup dan 10 soal dalam kategori baik. (3) Adanya bias eksternal pada tes prestasi belajar matematika pada siswa kelas VII MTs di kecamatan Lebaksiu kabupaten Tegal karena terdapat indeks DIF yang cukup signifikan.Pada MTs Negeri terdapat 10 soal yang menguntungkan dengan rata-rata indeks DIFnya adalah 0,2387 satuan atau 23,87% lebih besar dari rata-rata indeks DIF yang terdapat pada MTs Swasta dari 10 butir soal dengan nilai 0,0971 satuan atau 9,71%.
Saran dalam penelitian ini yaitu dalam membuat soal tes prestasi belajar matematika lebih di pertimbangkan lagi agar tidak adanya bias, supaya siswa dapat lebih meningkatkan prestasi yang optimal, sebaiknya dilakukan yang lebih penelitian lanjutan yang sejenis dengan faktor yang lebih khusus agar hasil penelitian yang mempunyai akurasi tinggi.
PMTK10008 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain