Skripsi
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Pucangluwuk 02 Kecamatan Bojong Tahun Pelajaran 2008/2009
ANIK KOMALASARI. 2009. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Pucangluwuk 02 Kecamatan Bojong Tahun Pelajaran 2008/2009 Pada Pokok Bahasan Pecahan. Skripsi, Isnani,S.Si,M.Si, Prof. Dr. Tri Jaka Kartana. M.Si. Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Pembelajaran Berbasis Masalah, Prestasi Belajar.
Hasil belajar siswa pada pokok bahasan pecahan di SD Negeri Pucangluwuk 02 belum mencapai batas ketuntasan belajar yang diharapkan, hal ini dimungkinkan karena penggunaan model yang kurang efektif. Untuk mengatasi penggunaan model yang kurang efektif tersebut, maka dalam penelitian tindakan kelas ini digunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah(Problem Based Learning) yang menekankan pada partisipasi aktif peserta didik dalam proses pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa SD Negeri Pucangluwuk 02 tahun pelajaran 2008-2009 pada pokok bahasan pecahan dengan menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah(Problem Based Learning).
Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Pucang Luwuk 02 kecamatan Bojong Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas(PTK) dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, sumber data berasal dari pengamatan dan hasil evaluasi dengan tolok ukur keberhasilan nilai minimal siswa 70, rata-rata kelas 6,5 dengan pencapaian batas ketuntasan 70% atau lebih. Hasil evaluasi siklus I mencapai skor rata-rata 6,74 dengan ketuntasan hasil belajar 54%. Secara umum keaktifan siswa, kinerja guru, dan hasil evaluasi siklus II mengalami peningkatan. Hasil evaluasi siklus II mencapai tolok ukur keberhasilan dengan skor rata-rata kelas 7,16 dengan ketuntasan hasil belajar siswa 70%.
Dari penelitian tindakan kelas ini, dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran berbasis masalah, hasil belajar pecahan siswa kelas IV SD Negeri Pucangluwuk 02 kecamatan Bojong tahun pelajaran 2008/2009 dapat ditingkatkan. Oleh sebab itu hendaknya guru kelas IV SD Negeri Pucangluwuk 02 kecamatan Bojong menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dalam membelajarkan matematika khususnya materi pecahan.
PMTK10009 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain